Ahmadinejad: Intervensi Barat Sumber Masalah di Afghanistan dan Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengecam keras campur tangan asing di Afghanistan dan Pakistan. Dia menilai, intervensi itulah yang membuat masalah di kedua negeri. Namun, dia tidak menyebutkan negara-negara mana saja yang dimaksudkannya melakukan campur tangan di sana.

Ahmadinejad dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai tengah berada di Pakistan untuk menghadiri KTT trilateral, guna memfasilitasi perdamaian dengan pihak Taliban di Afghanistan. Ahmadinejad mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Pakistan dan Afghanistan mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk menstabilkan kawasan itu.

Hubungan historis Pakistan dengan Taliban, dan juga perbatasan yang digunakan bersama oleh ketiga negara itu, memberi landasan bagi pertemuan puncak itu. Taliban Afghanistan dan banyak kelompok yang berafiliasi diyakini berbasis di daerah-daerah kesukuan semi-otonomi Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan.

Juru bicara Presiden Afghanistan Hamid Karzai memuji pertemuan puncak itu sebagai alat yang berharga dalam perang melawan terorisme, narkotika dan ancaman lainnya.

sumber

flyingcapung 18 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...