Anggota DPR Sendiri Akui, Banyak Calo dan Mafia Berkeliaran di DPR Siang Malam

Politikus PPP Akui Banyak Calo dan Mafia Berkeliaran di DPR
Minggu, 26 Februari 2012 17:47 WIB

JAKARTA--MICOM: Anggota DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Saifullah Tamliha, tidak memungkiri ada banyak calo berkeliaran di DPR. Oleh karena, akses ke dalam areal gedung DPR wajib dibatasi.

Ia mengatakan, selain wartawan dan anggota DPR, pembatasan akses masuk wajib hukumnya. "Harus diperketat, pasalnya mafia masih banyak berkeliaran," tegas politikus PPP tersebut usai menghadiri diskusi di PB PMII, Jakarta, Minggu (26/2).

Saifullah mengakui sampai detik ini, masih banyak orang tanpa identitas yang diyakininya sebagai calo atau mafia berkeliaran bertemu anggota DPR. Tempat-tempat kotor tersebut antara lain, Bengawan Solo Cafe dan di samping Komisi XI. "Kadang saya juga harus ngumpet-ngumpet supaya tidak ditemui. Takutnya nanti kita terseret juga kan," ujarnya.

Ia mengatakan, pembatasan akses tersebut akan mempermudah penegak hukum seperti KPK untuk menggeledah transaksi-transaksi dugaan korupsi di DPR. Pasalnya, transaksi di areal gedung parlemen lebih sulit ditelisik.

"Harus selektif, karena KPK lebih susah saat menggeledah transaksi di kantor, dibanding di luar yang lebih mudah tertangkap tangan. Mafia makin canggih juga," kata pengusaha asal Banjar, Kalimantan Selatan, tersebut.

Saifullah mengaku heran, sebab dirinya pernah melihat salah seorang pejabat tinggi perusahaan tambang terbesar di Indonesia itu nongkrong di cafetaria gedung DPR.

"Itu salah satu pria gundul yang merupakan petinggi Freeport, saya lihat di cafeteria, saya kaget. Itu kan bahaya, kalau Freeport pasti bersangkutan dengan masalah perizinan hutan dan tambang," kata Saifulloh.
http://www.mediaindonesia.com/read/2...eliaran-di-DPR


Tempat Kumpul Calo, Kafe di DPR akan Ditutup
Kamis, 23 Februari 2012 | 19:00 WIB

"Pihak kafe sudah dipanggil dan nanti akan ditutup karena di sana tempat duduk calo-calo," kata Ketua DPR Marzuki Alie seusai rapat konsultasi antara pimpinan DPR dengan pimpinan institusi penegak hukum dan kementerian di Kompleks DPR, Jakarta, Kamis (23/2/2012).

Hadir dalam rapat Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Wakil Kepala Polri Komjen Nanan Soekarna, dan Kepala Bareskrim Polri Komjen Sutarman, pimpinan KPK yakni Busyro Muqoddas dan Zulkarnaen, Jaksa Agung Basrief Arief. Pimpinan DPR didampingi pimpinan fraksi-fraksi, pimpinan Komisi III, pimpinan Badan Anggaran, pimpinan Badan Kehormatan, dan pimpinan Komisi XI.

Selain itu, kata Marzuki, akan ada pengetatan di kalangan media. Akan ada larangan masuk ke DPR bagi orang-orang yang mengaku wartawan namun tak jelas medianya. "Bebas dari wartawan yang tidak jelas. Bukannya melarang meliput, tapi supaya steril, tidak ada urusan pribadi," kata Marzuki.

Sikap pimpinan DPR itu menyikapi usulan dari Badan Kehormatan DPR yang meminta agar kafe ditutup. Untuk diketahui, ada dua kafe di kompleks DPR yang selalu ramai sejak pagi hingga malam hari.

Usulan BK lainnya yakni agar pimpinan Badan Anggaran atau Banggar tidak merangkap jabatan sebagai bendahara partai politik. Pasalnya, BK menilai anggota Banggar adalah anggota yang paling berkuasa. "Kekuasaan anggaran DPR diwakili hampir sepenuhnya oleh Banggar," tulis pihak Banggar dalam laporan kepada pimpinan DPR.
http://nasional.kompas.com/read/2012...R.Akan.Ditutup

---------------

[img]http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/UNDP-di-Jakarta.jpg[/img
KANTOR UNDP - Lokasi Kantor United Nations Development Programme di Gedung DPR RI. Foto diambil, JUmat (15/4/2011)

Calo tak akan tumbuh subur bila sebuah Lembaga transparan dalam pelayanannya ke publik. Selama ini, banyak rapat-rapat di DPR tak transparan, terutama aklau emnyangkut anggaran, dan pembahasan sebuah perundang-undangan yang menyangkut kepentingan publik dan mengandung "keuntungan' di dalamnya, seperti UU Migas itu contohnya. Wajarlah calo berkeliaran, bahkan ada sebuah LSM asing yang bikin kantor resmi di sebuah lantai di gedung DPR itu (silahkan lihat beritanya ini)

dadoel 26 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...