Biaya Bangun Toilet Sama Dengan Harga Perempuan Di India

[imagetag]
108CSR.com - Masalah sanitasi berupa pembangunan toilet atau WC menjadi masalah serius di India. Bahkan gara-gara tidak ada toilet, seorang mempelai perempuan asal negara bagian Madhya Pradesh, India, Anita Narre, minggat dari rumah suaminya.

Shivram, sang suami bukan tidak mau membangun toilet di rumah. Himpitan ekonomi membuatnya urung membangun toilet. Upahnya yang minim sebagai buruh hanya cukup untuk makan dan keperluan sehari-hari.

Shivram mengatakan istrinya akan kembali lagi ke pelukannya setelah pembangunan toilet yang dibiayai tabungan dan dana bantuan warga setempat, selesai dilakukan.

Tapi selang delapan hari kemudian, wanita itu kembali ke pelukan suaminya setelah pria itu membangunkan sebuah toilet. Toilet adalah barang mahal di India dan tak semua rumah memilikinya. Shivram, suami Narre, mengaku tak bisa membangun toilet di rumahnya karena tak punya uang.

Dia memaparkan, istrinya itu pulang setelah dia membangun toilet itu dengan tabungannya dan bantuan dari dewan desa. "Tidak menyenangkan bagi wanita untuk keluar rumah demi buang hajat. Itulah mengapa tiap rumah harus punya toilet. Mereka yang tidak punya harus membuatnya," papar Narre kepada BBC.

Atas keberaniannya meninggalkan rumah dan memaksa suaminya membuatkan toilet, Narre mendapatkan imbalan sebesar USD10.000 dari sebuah LSM setempat. Hingga saat ini, lebih dari setengah miliar orang di India kekurangan akses ke sanitasi dasar. Masalah itu begitu akut di kawasan pedesaan India dan wanitalah yang paling menderita akibat kondisi tersebut. (ard/int)


Sumber : http://www.108csr.com/home/berita_fo...mahal-di-india

dhewimp 18 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...