Diam-diam, Jerman Ingin Yunani Bangkrut?

Jakarta – Sebagai salah satu raksasa Eropa, Jerman diandalkan untuk membantu rekan satu kawasan. Namun ternyata, Jerman ingin Yunani bangkrut. Benarkah?

Menkeu Jerman Wolfgang Schauble memang ikut melaksanakan skenario untuk menekan Yunani dan membuatnya tetap mengapung. Meski diam-diam merencanakan skenario suram lainnya untuk membuat Yunani bangkrut.

Senin (20/2) waktu setempat, Schauble menyatakan Yunani sudah berada di jalur yang tepat dan ia mendukung secara terbuka untuk menyuntikkan lebih banyak dana guna membantu Yunani mengatasi utangnya.

Menteri-menteri Uni Eropa (UE) diharapkan akan merampungkan perjanjian untukwrite offutang 100 miliar Yunani dan menyedikan pinjaman hingga 130 miliar euro. Negeri Para Dewa sudah menerima 110 miliar euro pada Mei 2010.

Pendanaan hanya akan diberikan jika perlemen Yunani bisa mendorong terwujudnya rencana-rencana penghematan (austerity measure), memangkas tunjangan pensiunan, memecat pegawai dan menurunkan upah minimum hingga 22%.

Meski belum diratifikasi, rencana ini sudah disepakati DPR Yunani. Hasilnya, Ibukota Athena menjadi lautan api karena amukan rakyat yang tak setujuausterity measure. Juga, terjadi peningkatan bunuh diri dan tuna wisma.

Namun, ada rencana rahasia tersebut. Menurut perhitungan pejabat Eropa, utang Yunani akan tetap berada di 129% terhadap PDB-nya per 2020. Pada 20 Maret mendatang, Yunani harus membayarkan utangnya sebesar 14,5 miliar euro.

Sebab itulah terjadi perbedaan pendapat di Jerman, apakah akan terus mendukung Yunani atau tidak. Seperti Menkeu Bavaria Markus Soder yang berkata euro akan selamat jika Yunani keluar.

Pekan lalu, situs bisnis berbahasa Yunani,BankingNews.grmenyatakan, Jerman sebenarnya ingin Yunani bangkrut. Isu Yunani juga memusingkan raksasa Eropa lainnya, Prancis dan Inggris.

Perdana Menteri (PM) Prancis Francois Fillon menyatakan tak bertanggung jawab jika mempermainkan status Yunani yang sudah di ambangdefault. Menlu Inggris William Hague berpendapat, disayangkan jika Yunani terpaksa keluar.

"Mereka tak punya cadangan mata uang lama yang siap didistribusikan. Tak bijaksana membiarkan Yunani keluar dari euro. (Sistem) ini dibangun tanpa jalan keluar," ujarnya dalam sebuah wawancara.

Namun bisakah Yunani keluar dari belitan euro? Sebenarnya, mungkin saja. Pada April mendatang akan terjadi pemilu di negara ini dan ada kemungkinan Partai Syriza yang garis kiri keras akan membentuk pemerintahan.

Menurut anggota DPR Yunani dari partai tersebut, Theodoros Dritsas, menjabarkan apa yang akan mereka lakukan begitu berkuasa. "Kami akan memintaTroikakeluar dari negara ini dan kembali keDrachma," paparnya.[ast]

sumber

namanya dunia pasti ada yang senang yunani bangkrut ada juga yang tidak senang,,

venxias 21 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...