ESEMKA Ditantang Buat Alutsista, Komisi I Cari Muka

Pernyataan Wakil Ketua Komisi I DPR RI yang mengatakan ESEMKA mampu membuat berbagai kebutuhan alat utama sistem persenjataan (Alutsista), untuk kebutuhan TNI dipandang hanya politik pencitraan saja.

Kepada itoday, Rabu (22/2), pengamat pertahan Muradi mengatakan, problem pemerintah Indonesia mengenai industri pertahanan adalah tidak pernah menghargai proses. Pemerintah tidak pernah melihat sesuatu itu harus ada dasar dan latar belakangnya, cuma ketika suatu produk jadi, maka langsung ramai. Dan ketika produk itu jadi, pemerintah dan politisi hanya bisa memberikan harapan semu dan dijadikan pencitraan politik saja.

Keadaan ini diperparah dengan fakta bahwa setengah hingga tiga perempat anggota Komisi I tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai isu-isu pertahanan. Hanya sekian persen saja dari anggota Komisi I yang benar-benar menguasai isu pertahanan.

Muradi menekankan, ESEMKA sekarang ini baru bisa merakit, belum bisa membuat, Sedangkan untuk mengembangkan Alutsista iyu mmbutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit. Padahal anggaran untuk penelitian saja minim, bahkan bisa dianggap tidak ada.

"Terlalu berlebihan jika menilai ESEMKA bisa membuat Alutsista dalam waktu dekat, apalagi disuruh mengembangkan inovasi baru hingga membuat Alutsista," tutur Murad ketika dihubungi itoday via teleponi.

Menurut Muradi, basis pengembangan Alutsista harus ada kementerian pertahanan, dimana litbangnya harus bertindak lebih efektif, dengan menggunakan sarana alih teknologi.

"Pengembangan industri pertahanan itu bukan seperti sulap, prosesnya bisa bertahun-tahun. Yang paling mungkin dilakukan saat ini adalah dengan melakukan alih teknologi, tetapi itu pun negara yang memiliki inovasi mau terbuka dan berbagi mengenai 'inovasinya'," pungkasnya.*

sumber

Baru bisa ngerakit kok ya disuruh bikin alutsista militer, setahap demi setahap lah pak.

Kadang ane mikir, komisi I ini cuma asal jeplak aja, yang penting keliatan vokal :capedes:capedes:capedes:capedes

sazabi75 22 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...