Gunung Galunggung Mengancam

www.GarutNews.com

Terdapat sekurangnya enam desa pada empat wilayah kecamatan di Kabupaten Garut, bisa terancam hujan abu bahkan lontaran batu pijar, jika terjadi letusan Gunungapi Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sehingga perlu direncanakan upaya penanggulangannya, tegas Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, Letkol Arm Edy Yusnandar dihadapan anggotanya yang bertugas pada daerah terancam letusan gunungapi tersebut, baru-baru ini.

Kawasan yang bisa terancam itu, terdiri Desa Cigadog dan Tenjonagara di Kacamatan Sucinaraja, berlokasi sekitar sembilan kilometer dari puncak Gunungapi Galunggung.

Kemudian Desa Sukamenak Kecamatan Wanaraja, Desa Sukahurip (Pangatikan), serta Desa Cintamanik dan Desa Cinta di Kecamatan Karang Tengah, berjarak sekitar 12 hingga 15 km dari puncak gunungapi itu.

Kondisi keenam desa yang banyak terdapat permukiman penduduk ini, ancaman bahayanya diperkirakan tidak terlalu besar, karena terhalang Gunung Canar, Cupu, dan Talaga Bodas, katanya.

Juga diperkirakan luncuran laharnya, tidak ke daerah Garut, karena terdapat penghalang alami berupa gunung, sehingga dampaknya kemungkinan hujan abu dan lontaran batu pijar.

Meski demikian, perlu diwaspadai masyarakat di empat kecamatan, termasuk kewaspadaan dari Pemkab setempat.****(Berbagai Sumber/ John).

indrasplash 21 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...