Harga Sewa Apartemen Di Jakarta Ternyata Termasuk Paling Mahal di Asia Gan!

Sumber : http://www.rumah.com/berita-properti

RumahCom - Kawasan Asia makin memantapkan diri sebagai lokasi investasi properti terdepan di dunia. Hal ini antara lain terlihat dari tingginya harga sewa apartemen tiga kamar (apartemen premium) di Benua Kuning ini pada 2011 lalu.

Dari 20 kota di dunia dengan harga sewa apartemen premium termahal, Asia diwakili oleh delapan kota. Demikian data yang dirilis ECA International, beberapa waktu yang lalu. Harga sewa ini dikumpulkan ECA International pada September 2011 dan telah dikonversikan ke dalam Dolar Amerika sesuai nilai tukar saat itu.

Secara global, Hong Kong masih menempati predikat sebagai kota termahal bagi apartemen premium, dengan harga sewa rata-rata mencapai USD11.813 per bulan. Angka ini memperlihatkan kenaikan 15% dibandingkan tahun 2010, dan dua kali lipat dibanding properti setara di Singapura. Bahkan, di area pilihan seperti The Peak, harga sewa bisa mencapai USD19.900 per bulan.

Di peringkat kedua di Asia (dan dunia), diduduki Tokyo, dengan harga sewa apartemen berkisar USD9.450 per bulan, diikuti Singapura, Mumbai (peringkat 13 secara global) dan Seoul (peringkat 14 secara global).

Singapura, masih merupakan kota termahal kesembilan di dunia, dan peringkat ketiga di Asia. Secara rata-rata , harga properti sewa tiga kamar di Singapura berkisar USD5.570 per bulan.

Jakarta menempati ranking ke-10 di Asia, atau naik dua peringkat dari tahun 2010. Akan tetapi di peringkat dunia, Jakarta turun dua peringkat dan menempati posisi ke-49.

Daftar Lengkap Apartemen Termahal

Sementara itu, rata-rata harga sewa apartemen premium di Asia mencapai USD3.680 per bulan, atau 20% lebih tinggi dari rata-rata harga sewa secara global yang hanya berkisar USD3.080. Angka ini pun telah mengalami kenaikan dibanding tahun 2010 yang hanya mencapai USD2.750.

Di kawasan Timur Tengah, Abu Dhabi turun ke peringkat 19, dari posisi ke-10 di 2010. Tetapi harga sewa apartemen premium di Ibu Kota Uni Emirat Arab ini tetap merupakan yang termahal di kawasan tersebut. Sementara itu, secara global, posisi Dubai turun menjadi ranking 37, atau turun 16 peringkat dibanding tahun sebelumnya.

Di sisi lain, Karachi merupakan kota dengan harga sewa termurah di Asia maupun secara global. Rata-rata, harga sewa apartemen di bekas Ibu Kota Pakistan ini hanya berkisar USD360 per bulan.

Anto Erawan

GuruRumah 23 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...