Indonesia Pengimpor BBM Terbesar di Dunia

Indonesia ternyata bukan lagi negara yang kaya minyak, gan...

Udah produksinya kurang, sebagian besar sumur migas dikelola asing pula...
Pertamina yang udah mau kelola, malah dibilang gak mampu. Padahal, sumur tua yang "direbut" Pertamina dari perusahaan asing, kaya' ONWJ dan WMO, produksinya bisa meningkat, tuh...

Selasa, 21/02/2012 15:09 WIB
Faisal Basri: Indonesia Pengimpor BBM Terbesar di Dunia
Zulfi Suhendra - detikFinance


Jakarta - Indonesia saat ini merupakan pengimpor BBM terbesar di dunia dengan nilai impor BBM sebesar US$ 28 miliar pada tahun lalu. Hal ini karena Indonesia defisit produksi minyak.

Demikian disampaikan oleh Pengamat Ekonomi Faisal Basri dalam sebuah dialog ekonomi di Hotel Millenium, Jakarta, Selasa (21/2/2012).

"Defisit minyak sampai sekarang US$ 20 miliar, defisit BBM US$ 23 miliar, impor BBM tahun lalu US$ 28 miliar. Kita pengimpor BBM terbesar di dunia, dulu terbesar di Asia sekarang di dunia. Coba bayangkan bakal dibawa ke neraka kita sama Pak SBY. Gila membiarkan tidak menaikkan harga BBM subsidi," tutur Faisal.

Faisal mengatakan kondisi impor BBM yang tinggi ini memperlihatkan Indonesia tidak lagi memiliki kedaulatan energi saat ini. Selain itu, Indonesia juga mengalami defisit pangan. "Sejelek-jeleknya kita dulu, urusan perut tak pernah defisit. Namun mulai 2007 kita mengalami defisit pangan dan kecenderungannya makin tinggi," papar Faisal.

Kemudian, Indonesia juga sudah tidak memiliki lagi kedaulatan di sektor manufaktur. Ini karena pada sejak 2008 sektor manufaktur makin merosot. Indonesia jadi lebih banyak melakukan impor ketimbang ekspor manufaktur.

"Yang paling mengkhawatirkan defisit keuangan yang paling saya takuti karena porsi terbesar cadangan devisa di modal jangka pendek termasuk utang saya tidak bisa paham kenapa Pak SBY bangga sekali karena utang negara turun," ujarnya.

Sumber: http://finance.detik..com/read/2012/...dunia?f9911023

AYO GAN, TUNTUT PEMERINTAH MENASIONALISASI SUMUR MIGAS

:iloveindonesias:iloveindonesias

pelangi1 21 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...