Inilah Serangan Anas ke SBY

Walaupun tidak secara terbuka, Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum sudah terlihat melakukan perlawanan terhadap Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Setelah pidato SBY di Cikeas, Ketua Komisi Pengawas PD, TB Silalahi memberi waktu selama seminggu Anas Urbaningrum untuk membersihkan kader yang bermasalah. Kenyataan, lebih dari sepekan, mantan Ketua Umum PB HMI ini tidak melaksanakn perintah itu dengan alasan berbagai kesibukan.

Kepada itoday, kalangan DPP PD yang tidak mau menyebut namanya mengatakan, Anas sengaja tidak mau mematuhi perintah itu karena akan memunculkan perpecahan di kalangan pendukungnya.

"Yang dibidik itu, orang-orang Mas Anas, dengan memecat justru akan memunculkan permasalah tersendiri. Mas Anas inginnya bukan pihaknya yang memecat," ungkap sumber itu yang mewanti-wanti tidak disebut namanya, Sabtu (18/2) malam.

Agar tidak berlumur 'dosa', Anas memerintahkan Edhie Baskoro Yudhuyono alias Ibas untuk mengadakan rapat terkait pemecatan kader PD bermasalah.

Lanjut sumber DPP PD itu, dengan diperintahkannya Ibas terkait pemecatan itu, Anas tidak akan mempunyai masalah dengan para pendukungnya. "Ibas itu khan anak SBY. Jadi yang melakukan pemecatat itu SBY sendiri. Ini tergantung Ibas sendiri mau menjalankan perintah Mas Anas atau tidak," jelasnya.

Bukannya membersihkan kader bermasalah, Anas justru melancarakan serangan ke SBY dengan menempatkan Angelina Sondakh di Komisi III. "Rotasi di Komisi itu kewenangan Fraksi PD dan fraksi itu sebagai kepanjangan tangan dari DPP. Penempatan Angie di Komisi III, Anas sudah melanggar 'gencatan senjata' SBY," ungkap pengamat politik UGM, Ari Dwipayana.

Akibat penempatan Angie yang sudah menjadi tersangka di Komisi III, Ketua Dewan Pembina PD, SBY langsung turun tangan dan menganulir keputusan dari pihak DPP yang notabene dari para pendukung Anas.

Menurut Sekretaris Dewan Pembina PD Andi Mallarangeng mengatakan, SBY marah besar mendengar Angie ditempatkan di Komisi III.

Kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti, cara SBY yang langsung menganulir keputusan pihak DPP semakin menunjukkan konflik yang terbuka antara pihak pendukung Anas dengan SBY.

Konflik di tubuh PD, seakan-akan menyaksikan strategi para pemain catur yang berusaha mengalahkan lawannya.

SUMBER

papipanda 20 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...