[IRONIS SEKALI NEGERIKU INI]Akhir Februari RI Impor Garam 500.000 Ton

Quote:

Jakarta, PelitaOnline -- KEMENTERIAN Perdagangan menegaskan akan tetap mengeluarkan izin impor garam konsumsi pada akhir Februari 2012.Pembukaan keran impor tersebut dibarengi dengan penyerapan garam petani dan pedagang.

Hal tersebut ditegaskan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Peradagangan Deddy Saleh di Jakarta, Senin (20/2).

Lebih lanjut Deddy memaparkan, pemerintah hanya mengizinkan impor garam dilakukan sebelum panen garam tahun ini. Perkiraan panen garam pada Juli mendatang.

"Pemerintah juga akan memastikan tidak ada lagi garam impor yang masuk satu bulan sebelum panen raya garam tahun 2012. Kalau Badan Meteorologi dan Geofisika memperkirakan panen bisa mulai Juli ya (impor) akan kami stop. Tapi kalau mundur,kami bisa perpanjang untuk menambah kebutuhan sampai Juli," paparnya.

Keputusan ini didasarkan pada perhitungan stok garam Desember 2011 hanya 306.000 ton.Jumlah itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan garam konsumsi sampai panen garam tiba.

"Kalau kebutuhan garam konsumsi sekitar 120.000 ton per bulan maka dengan stok 306.000 ton stok yang ada hanya cukup sampai pertengahan bulan Maret menurut hasil kajian ulang," katanya

Berdasarkan kondisi tersebut pemerintah akan memberikan izin impor untuk memenuhi kebutuhan garam selama bulan Januari sampai Juni, sebelum petani mulai memanen garam.

"Paling tidak harus memberikan izin impor garam konsumsi untuk memenuhi kebutuhan selama 4,5 bulan atau sekitar 500.000 ton," tandasnya.
SUMBER

Apa toh yang salah dari Indonesia? garis pantainya yang kurang panjang?? atau SDM nya yang kurang?

Apakah garis pantai tidak mempengaruhi jumlah produksi garam? (ane awam ttg ini ganm cuman ada tanda tanya besar dikepala ane gan.)

Quote:

Garis Pantai RI Terpanjang Keempat di Dunia
Selasa, 24 Februari 2009 11:54 WIB


Jakarta (ANTARA News) - Indonesia memiliki garis pantai terpanjang keempat di dunia dengan panjang mencapai lebih dari 95.181 kilometer (km).

"Ada koreksi ternyata, ternyata panjang garis pantai kita 95.181 km," kata Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia, Rizald Max Rompas, pada workshop "Persepsi Politisi Terhadap Bidang Kelautan Sebagai Mainstream Pembangunan Nasional" di Jakarta, Selasa.

Ia menegaskan bahwa koreksi panjang garis pantai Indonesia dari 81.000 km menjadi 95.181 km ini telah diumumkan PBB pada tahun 2008 lalu.

Dengan koreksi yang dilakukan PBB tersebut kini Indonesia justru berada di posisi keempat setelah Rusia. Sedangkan negara pemilik garis pantai terpanjang diduduki Amerika Serikat (AS) dan diikuti Kanada.

Sebelumnya Kanada menduduki urutan pertama dengan panjang garis pantai 243.792 km dengan 52.455 pulau.

"Sementara Indonesia sekarang ini bukan memiliki lebih dari 17.500 pulau tetapi kurang lebih ada 17.480 pulau," ujar dia.

Sebagai negara kepulauan terbesar dengan luas lautan tiga per empat dari luas daratan, dan bertambah panjangnya garis pantai tersebut melalui penelitian disebutkan sektor kelautan mampu menyumbang 140 miliar dolar AS per tahun, ujar dia.

"Jumlah itu belum termasuk sumbangan sektor kelautan dari dasar laut yakni potensi migas," ujar dia. (*)
Editor: Bambang
COPYRIGHT © 2012

SUMBER

Baware 21 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...