Qatar Duduki Posisi Pertama Negara Terkaya Dunia

Dua negara teluk lainnya, UEA dan Kuwait menduduki posisi keenam dan lima belas

Dalam daftar terbaru yang disusun oleh Majalah Forbes, Qatar menempati ranking sebagai negara terkaya dunia.

Negara dengan jumlah penduduk 1,7 juta jiwa tersebut, menduduki puncak daftar sebagai negara terkaya di dunia berkat adanya rebound harga minyak dan besarnya cadangan gas alam yangdimilikinya.

Menurut data Forbes, jika disesuaikan dengan daya beli, Qatar membukukan produk domestik bruto per kapita dengan angka lebih dari US$ 88.000 untuk tahun 2010. Angka ini lebih besar dibanding US$ 47.500 untuk Uni Emirat Arab.

Qatar, yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 dan Piala Dunia 2022, telah menjelma sebagai salah satu negara dengan profil pendapatan yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut dikarenakan pemerintah Qatar terus melakukan investasi dalam pembangunan infrastruktur, termasuk pelabuhan laut, bandara dan jaringan kereta api.

Untuk posisi kedua dalam daftar negara terkaya dunia di tempati oleh Luksemburg, dengan PDB per kapita lebih dari US$ 81.000.

Singapura menduduki posisi ketiga, sebagai negara yang terus berkembang menjadi pusat teknologi, manufaktur dan keuangan dengan PDB per kapita hampir US$ 56.700.

Untuk peringkat negara, Forbes mengatakan melihat PDB per kapita yang disesuaikan dengan daya beli bagi 182 negara. Peringkat yang disusun oleh majalah tersebut, menggunakan data Dana Moneter Internasional dari tahun 2010.

Norwegia dan Brunei melengkapi posisi lima posisi teratas dalam daftar diikuti dengan UEA, AS, Hong Kong, Swiss dan Belanda.

Sementara itu, untuk negara paling miskin dipegang oleh trio negara yang tengah dilanda konflik politik yaitu, Burundi (US$ 400), Liberia (US$ 386) dan Republik Demokratik Kongo (US$ 312).

http://www.beritasatu.com/dunia/3369...aya-dunia.html

efek embargo minyak iran... harga minyak naik = negara arab makin kaya raya tp eropa n amrik makin bangkruct...:ngakak

mongkicut.5 26 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...