Wah, Pasukan AS di Eropa mau dipindah ke Asia!

AS Akan Tarik 11.000 Tentara dari Eropa
Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 17/02/2012 11:54 WIB


Washington Pemerintah Amerika Serikat berjanji akan tetap memelihara hubungan militer yang erat dengan sekutu-sekutu Eropa. Janji ini disampaikan menyusul rencana AS untuk menaik lebih dari 11 ribu tentaranya dari Jerman dan Italia. Penarikan pasukan ini sebagai bagian dari pergeseran strategi AS ke Asia.

"Tak ada yang seharusnya menyamakan berkurangnya jumlah pasukan AS yang ditempatkan permanen di Eropa dengan berkurangnya keterlibatan kami dengan mitra-mitra Eropa kami," tegas pejabat Pentagon, George Little kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (17/2/2012).

Detail penarikan pasukan AS, yang mencakup dua brigade Angkatan Darat dan dua skuadron udara itu, diumumkan Menteri Pertahanan (Menhan) AS Leon Panetta dalam pertemuan dengan Menhan Jerman Thomas de Maiziere di Pentagon.

Dalam konferensi pers bersama usai pembicaraan tersebut, pejabat kedua negara mendukung penarikan pasukan itu. Panetta pun berjanji bahwa langkah tersebut tak akan mengubah komitmen Washington pada aliansi NATO.

Dijelaskan Panetta, sekitar 40 ribu pasukan AS akan tetap berada di Jerman. Dikatakan bos Pentagon itu, de Maiziere "memahami perlunya pergeseran yang sedang kita lakukan guna menerapkan strategi pertahanan kita yang baru sembari memenuhi tanggung jawab fiskal kita."

Penarikan pasukan AS dari Eropa ini akan dimulai tahun ini. Langkah ini akan mengurangi jumlah total pasukan AS di Eropa hingga menjadi sekitar 70 ribu dari jumlah sebelumnya yang mencapai sekitar 81 ribu tentara.

(ita/nrl)

sumber: http://news.detik..com/read/2012/02/...ara-dari-eropa

wah, Asia lebih penting nih daripada Eropa sekarang.. mau jagain siapa ya di Asia? :D

vampirs 17 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...