Wartawan Merangkap Preman

3 Wartawan Dibekuk karena Memeras Petani


[imagetag]


PASURUAN, KOMPAS.com - Tiga wartawan tabloid mingguan diamankan di Mapolres Pasuruan setelah kedapatan melakukan pemerasan terhadap Kusman, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sekarjoho, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, Kamis (16/02/2012). Tiga wartawan yang melawan hukum itu yakni WH (35), HW (40), dan WD (28), diketahui bekerja di dua tabloid yang berbeda.

"Saat kita amankan mereka masih dibekali tanda kartu tanda pers plus surat tugasnya," ujar AKP Supriyono, Kasatreskrim Polres Pasuruan.

Sebelum diamankan, ketiga pelaku yang masih aktif menjadi wartawan tabloid mingguan itu berdalih menanyakan laporan keuangan Gapoktan yang dikelola Kusman. Menurut meraka ada ketidakberesan dalam pengelolaannya.

Kemudian mereka pun mengancam akan melaporkan ke pihak polisi atau memublikasikan jika tidak membayar uang senilai Rp 15 juta. Karena tak bisa membayar tunai, Kusman pun membayar Rp 2 juta sebagai uang muka, sedangkan sisanya akan melunasinya dengan cara mencicil.

"Sementara ketiga pelaku tak sabar menunggu uang sisanya, hingga terus mengancam berkali-kali melalui handphone dan mendatanginya," tambahnya.

Melihat gelagat yang tak baik, Kusman akhirnya melaporkan ke pihak polisi setelah dia menyerahkan hampir Rp 7 juta. Petugas pun langsung meringkusnya berserta barang bukti yang ada, diantaranya uang senilai Rp 6.995.000, kartu pers, sejumlah kwitansi, dua kamera, dan satu handycam.

"Akibat perbuatan melanggar hukum itu kini tiga pelaku wartawan pemeras itu dijerat dengan perihal pemerasasan dan pengancaman dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara," jelas Supriyono.

Melihat keberhasilan petugas reskrim, Kusman mengaku sangat senang. Akibat ulah tiga wartawan itu, dirinya harus menanggung utang ke sejumlah tetangganya. "Ya semoga saja tidak ada wartawan-wartawan seperti itu lagi, Mas," harap Kusman.

Quote:

bosen nulis akhirnya malah malakin orang :o
sumber

Baware 16 Feb, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...