8000 Guru Akan Tuntut Peningkatan Status

BEKASI, - Sekitar delapan ribu guru dan tenaga tata usaha honorer di seluruh Indonesia berencana menggelar aksi unjuk rasa ke Istana Negara, Jakarta, pada 12 Maret 2012 untuk menuntut pengangkatan sebagai calon Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Aksi ini adalah gagasan yang muncul dari hasil kongres guru dan tenaga tata usaha honorer se-Indonesia di Islamic Center Kota Bekasi, Minggu (26/2)," kata Ketua Komite Guru Bekasi, Mukhlis Setiabudi, di Bekasi, Selasa (28/2).

Menurut Mukhlis, tuntutan pengangkatan guru dan tenaga tata usaha honorer di seluruh Indonesia tersebut berlaku umum tanpa kecuali. Seluruh guru dan tenaga tata usaha honorer hingga tahun 2012 harus seluruhnya diangkat tanpa sisa.

"Pemerintah harus merealisasikan tututan kami. Sebab kalau masih ada sisa, hanya akan menimbulkan kecemburuan baru di kalangan guru. Selama ini pun tenaga honorer sudah saling cemburu karena ada yang masuk kategori I alias mendapatkan prioritas pengangkatan tanpa tes," ujar Mukhlis.

Menurut dia, pengategorian tersebut sarat konflik. Sebab penyusunan data seleksi tenaga honorer yang berhak masuk kategori I kerap kali diwarnai kecurangan dan rekayasa yang dilakukan oknum Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

"Di wilayah kami (Kota Bekasi) kecurangan itu telah terjadi. Sebab dari 221 tenaga honorer Kota Bekasi yang masuk kategori I untuk diangkat menjadi PNS, kami menemukan delapan guru honorer SD yang masuk kategori I masa kerjanya belum mencapai satu tahun," ujarnya.

Padahal berdasarkan Surat Edaran Menpan nomor 5 tahun 2010 tentang Verifikasi dan Validasi Tenaga Honorer, masa kerja tenaga honorer yang bisa diangkat minimal satu tahun pada 31 Desember 2005. Sementara kedelapan pengajar tersebut baru mulai bekerja pada bulan Mei, Juli, dan November 2005.

ayo aayooo, sadar sadar, dulu yang terbuai oleh janj i janji blunder , sertifikasi yang semakin dipersulit, pemerintah lebih mementingkan guru yang bersertiikasi dengan menaikan renumerasi daripada memperhatikan kesehajteraan yang belum dianngkat PNs, dengan sertifikasi hanya PNS yang golongan tua IV a dengan gaji 3 jt mendapatkan tamabahn kesejateraan 1 bulan gaji, sementara yang lain cuma 250 rban perbulan dengan susah payah, mau ikut sertifikasi ujian dulu yaaa.

But, any way, Guru diangkat oleh Pemda, kalo Pemda ndak punya anggaran bagaimana ...

shoeshelho 02 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...