Bo Xilai Dipecat

[imagetag]

Skandal Wang Lijun dan Perjuangan Politik Membuat Bo Kehilangn Pekerjaan


Bo Xilai tidak lagi mejadi ketua partai komunis Chongqing, menurut Harian Rakyat corong Partai Komunis China (PKC). Kehancuran karir Bo datang pada akhir konferensi pers yang diadakan oleh Perdana Menteri Wen Jiabao di mana Bo terang-terangan ditegur. Ini adalah puncak dramatis perebutan kekuasaan politik yang meledak terbuka pertama pada bulan lalu ketika mantan tangan kanan Bo mencari perlindungan di Konsulat AS di Chengdu. Situs berita aktivis Boxun melaporkan Wang menuduh Bo merencanakan kudeta untuk menggulingkan pimpinan berikutnya dari PKC.
Harian Rakyat menunjukkan bahwa pemecatan Bo pertama kali diumumkan oleh Wen, menanggapi pertanyaan dari wartawan Reuters, mengatakan, "Komite Kota Chongqing dan pemerintah saat ini perlu merenung diri, dan dengan sungguh-sungguh belajar dari insiden Lijun Wang."

Bo akan digantikan oleh Zhang Dejiang, anggota Politbiro, dan anak seorang mantan kepala staf dari pasukan artileri. Zhang adalah penasehat untuk Ketua Partai Hu Jintao saat ini setelah bencana rel kereta kecepatan tinggi Wenzhou.

Berita tentang perubahan pekerjaan Bo ditulis dalam satu kalimat oleh Xinhua, kantor berita Partai Komunis.

Bisa ditebak, berita memicu badai pembahasan pada layanan microblog Sina. Satu judul berita tentang masalah itu diteruskan lebih dari 45.000 kali dalam waktu 45 menit.

Wen Jiabao, dalam konferensi persnya, mengatakan bahwa "Partai Tengah mencermati ini, dan segera menugaskan departemen terkait dengan penyelidikan khusus. Penyelidikan telah membuat kemajuan. Kami akan bergerak sesuai dengan fakta dan hukum, dan ketat menangani kasus ini sesuai hukum."

Tidak jelas apa tuduhan yang dikenakan terhadap Bo, tetapi di China sering 'penyelidikan' korupsi digunakan sebagai kedok untuk perjuangan politik. Dalam pandangan banyak pengamat dari partai komunis, Bo telah terlalu mencolok dalam usahanya untuk menantang kepemimpinan status quo, menggembar-gemborkan "model Chongqing" yang melibatkan keterlibatan negara-bahkan lebih dari biasanya dalam perekonomian, neo-Maois revivalisme, dan tindakan keras brutal terhadap orang-orang yang dituduh dikaitkan dengan 'mafia.' Istilah yang terakhir ini sering digunakan hanya sebagai label yang nyaman untuk menyingkirakan musuh politik, atau untuk melibatkan pengusaha, menyita aset mereka, dan membagi barang rampasan, menurut kritik.

Sebelum karirnya turun dalam kobaran api, Bo berusaha untuk menunjukkan bahwa ia dapat meraih sukses dalam mobilisasi massa di Chongqing untuk meningkatkan peluangnya mendapatkan kursi di Komite Tetap Politbiro, umumnya kelompok sembilan orang yang memerintah China. Rumor juga beredar dalam beberapa pekan terakhir bahwa ia merencanakan kudeta dengan dukungan Zhou Yongkang.

Bo telah dikirim ke Chongqing di tempat pertama dalam upaya untuk membuatnya sedikit bicara setelah namanya ternoda berulang kali karena digugat oleh praktisi Falun Gong di luar China. Bo adalah peserta awal yang antusias dalam kampanye brutal menindas latihan spiritual Falun Gong, dimulai pada tahun 1999 di bawah perintah pimpinan partai Jiang, setelah percaya bahwa ia akan mendapatkan modal politik dengan menyiksa orang-orang berkepercayaan. Mantan tangan kanan, Wang Lijun, diperkirakan telah menjadi sangat terlibat dalam pengambilan organ praktisi Falun Gong yang masih hidup, sesuatu yang jika benar, Bo hampir pasti sudah mengetahuinya.

Tak lama Setelah pengumuman pemecatan Bo Xilai, kata Xinhua bahwa Wang Lijun, mantan wakil walikota dan kepala polisi Chongqing, akan dicabut dari jabatannya. He Tingni, wakil gubernur Provinsi Qinghai dan kepala aparat keamanan publik dikirim untuk mengisi posisinya.

Para netizen China tampak menikmati kegembiraan dari politik yang sangat umum dengan pertumpahan darah dalam peristiwa pergantian pucuk pimpinan partai. Satu pernyataan secara luas diteruskan mengamati bahwa: "Semua ini membuktikan satu prinsip: sebagian besar rumor di Weibo itu benar." (EpochTimes/man)

Code:

http://erabaru.net/top-news/36-news1/29779-bo-xilai-dipecat

satriatmojo 16 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...