Bonobo betina dan homoseksualitas

[imagetag]

Bonobo, sejenis kera Afrika, betina mempertontonkan kegiatan homoseksualitas bila ada bonobo betina jagoan di sekitarnya, demikian kata para ilmuwan.

Bonobo betina dari kelas rendahan itu akan lebih ribut saat beraktivitas seksual untuk menggoda betina jagoan dan bila diundang untuk berhubungan seksual sesama jenis dengan betina jagoan, mereka kemudian akan bercerita kepada rekan-rekannya.

Para ilmuwan yang meneliti komunikasi di antara kera tersebut menyebut status bonobo betina dari kelas rendahan ini naik gengsi setelah melakukan hubungan seksual sesama jenis.

Spesies Pan Paniscus dikenal sebagai kera erotis atau kera yang suka berganti-ganti pasangan karena kebiasaan mereka untuk melakukan hubungan seks baik dengan sesama jenis maupun beda jenis. '

'Seks digunakan untuk meredakan stres dan kompetisi, merekatkan hubungan, mengekspresikan dan menguji coba hubungan sosial, mendamaikan konflik, menghibur mereka yang tertimpa bencana,'' jelas Dr Zanna Clay dari Universitas Emory di Atlanta yang mempelajari komunikasi spesies ini selama lima tahun terakhir. Dr Clay memimpin penelitian internasional di suaka Lola Ya Bonobo di Kongo, Afrika.

Hirarki sosial

''Dengan menggunakan suara atau bunyi, bonobo betina menawarkan kontak seksual hanya dengan anggota penting dari kelompoknya,'' kata Dr Clay.

''Ini adalah persoalan menapaki jenjang status sosial.'' ''Bonobo rupanya sangat sadar akan adanya hirarki sosial dalam kehidupan mereka,'' tambah Dr Clay.

Menurut Dr Clay, suara atau bunyi-bunyian itu biasanya dikeluarkan untuk Bonobo jantan terkait dengan reproduksi. Tidak seperti saudara dekatnya, simpanze, kehidupan sosial bonobo tidaklah didominasi oleh pejantan.

Hasil penelitian menunjukkan, penyebabnya adalah hubungan yang sangat erat di antara bonobo betina dengan di antaranya lewat hubungan seksual tersebut.

http://www.wokeey.com/comments/index...ffd675000000/2

serem jg...qrain klo hewan g kenal ma homoseksual.

stoop 02 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...