Diduga Korupsi, Menteri Malaysia Pilih Mundur

VIVAnews - Menteri Peranan Wanita Malaysia mengundurkan diri setelah diduga terlibat korupsi pinjaman lunak pemerintah. Dana senilai ratusan miliar rupiah yang dipinjamkan kepada perusahaan milik suami, diduga tidak digunakan semestinya.

Dilansir dari harian The Star, Senin 12 Maret 2012, Shahrizat Abdul Jalil mengumumkan akan mundur pada 8 April mendatang, ketika dia sudah tidak lagi berstatus sebagai senator. Namun, dia mengatakan akan tetap menjalankan tugasnya sebagai pemimpin Wanita UMNO.

"Saya hanya ingin melakukan hal yang benar, dan saya kira mundur dari posisi menteri adalah hal yang tepat," kata Shahrizat, Minggu.

Sejak kasus yang menyeret nama keluarganya mencuat akhir tahun lalu, desakan dari oposisi untuk Shahrizat turun terus berdatangan. Namun, dia tetap membantah terlibat pada kasus penyalahgunaan pinjaman lunak federal yang diberikan kepada perusahaan milik suaminya, National Feedlot Corporation (NFCorp).

Perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan daging ternak ini meminjam sekitar 250 million ringgit atau sekitar Rp758 miliar. Pemimpin perusahaan adalah suami Shahrizat, Mohamed Salleh dan putranya Wan Shahinur Izmi.

Penyalahgunaan pinjaman terungkap setelah laporan tahunan lalu tidak menunjukkan adanya peningkatan swasembada daging sebesar 40 persen pada 2010. Padahal, NFCorp menjanjikan adanya lonjakan jumlah daging dengan pinjaman tersebut.

Beli Kondominium

Ada dugaan bahwa uang tersebut bukan digunakan untuk meningkatkan produksi perusahaan, tapi untuk membeli kondominium di Malaysia dan Singapura, berlibur dan sebuah mobil Mercedes baru. Shahrizat dengan tegas membantah kasus yang dikenal di Malaysia dengan nama "cowgate" tersebut.

"Saya tidak punya hubungan dengan NFCorp selain menikahi pemiliknya," katanya.

Kasus ini menjadi bulan-bulanan oposisi terhadap pemerintahan Najib Razak dan Umno dalam beberapa bulan terakhir. Cowgate juga akan mengganggu perolehan suara partai pada pemilu tahun depan. (ren)
• VIVAnews
http://dunia.vivanews.com/news/read/...a-pilih-mundur

top dah...

mahasiswaaceh 12 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...