Horeee... Harga Minyak Turun.. [Semoga]

LONDON, KOMPAS.com - Harga minyak turun tajam pada Rabu (28/3/2012), karena persediaan minyak mentah AS naik dengan jumlah terbesar dalam 20 bulan, dan Prancis mengumumkan siap memanfaatkan cadangan minyak strategisnya untuk mengurangi ketegangan pasar.

Kontrak utama New York, minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Mei, menyusut 2,56 dolar AS menjadi 104,77 dolar AS per barel. Minyak mentah Brent North Sea untuk Mei merosot 1,76 dolar AS menjadi 123,75 dolar AS per barel.

Departemen Energi AS mengatakan, persediaan minyak mentah negara itu melonjak sebesar 7,1 juta barel pada minggu lalu - tiga kali lipat dari jumlah yang diperkirakan.

"Angka stok minyak mentah mingguan terbesar sejak Juli 2010 itu tidak terduga," kata analis BNP Paribas, Harry Tchilinguirian.

Dengan stok tinggi negara-negara Barat, Prancis pada Rabu mengatakan bahwa pihaknya siap melepas cadangan strategis minyaknya untuk membantu menurunkan harga.

Berbicara setelah pertemuan kabinet, Menteri Energi Prancis Eric Besson mengatakan: "Amerika Serikat yang meminta dan Prancis menyambut gagasan baik tersebut. Kami sekarang menunggu pendapat Badan Energi Internasional."

Juru bicara pemerintah dan Menteri Anggaran Valerie PĂ©cresse mengatakan, Prancis bekerja dengan Amerika Serikat dan Inggris untuk membujuk IEA agar mengizinkan mereka memanfaatkan cadangan mereka "untuk melawan spekulasi di pasar energi global."

Ini menandai evolusi dari posisi Prancis. Pekan lalu, Besson mengatakan bahwa Paris hanya mempelajari kemungkinan membuka cadangan sebagai "salah satu pilihan" untuk menjinakkan harga minyak.

Secara teori, cadangan suatu negara hanya digelar dalam kasus krisis internasional besar seperti perang atau bencana alam di daerah penghasil minyak.

Tetapi perekonomian Asia yang haus bahan bakar mendorong naiknya harga minyak. Sementara ketegangan juga terjadi di Timur Tengah, di mana ekspor Iran dibatasi dan adanya kerusuhan politik di beberapa negara produsen minyak.

Di lain pihak, Prancis dan Amerika Serikat menghadapi pemilihan, di mana Presiden AS Barack Obama dan rekannya dari Prancis, Nicolas Sarkozy menghadapi tekanan dari pemilih karena harga bensin dan solar yang tinggi.

sumbernya :
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...7/Stok.AS.Naik.
(mohon maaf kalau dianggap kurang kredibel)

semoga harga BBM indonesia tidak jadi naik.... harga2 udah mulai naik semua....
tetangga2 rumah saya terutama ibu2 rumah tangga sudah mengeluh semua, ngrumpi di gang sebelah rumah mengeluhkan harga beras, cabe, minyak, mikrolet, angkot sudah merangkak naik semua.... belum lagi biaya sekolah yang 'katanya' gratis sangat besar...

Semoga Amerika & Eropa segera buka 'pasar murah' minyak mentah, karena berharap kepada Iran untuk menurunkan harga agar orang Asia (terutama Indonesia) bisa bernafas lega seperti hanya harapan semu....

elkana_guntur 29 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...