Kapan Harga Emas Berhenti Naik?

Harga emas sudah menyentuh level US$ 1.700 per troi ons, melebihi perkiraan banyak orang. Dinamika krisis di kawasan Eropa serta tekanan terhadap pasar modal dan surat utang membuat harga komoditas ini terus terkerek. Tapi sampai kapan?

Menurut analisis CPM Group, dalam laporannya untuk tahun 2012 yang berjudul: Gold Yearbook 2012", harga emas diperkirakan tidak bisa melampaui angka tertinggi di tahun lalu. CPM merupakan perusahaan investasi dan riset komoditas. Analisis CPM banyak dijadikan rujukan oleh para penanam modal di aset emas di seluruh dunia.

Dalam laporan yang dikutip oleh CNBC itu menyebutkan, peningkatan pasokan ke pasar saat cukup besar. Namun di lain sisi, justru makin banyaknya orang yang menanamkan dananya pada komoditas emas, harganya diperkirakan masih bisa bertahan di atas US$ 1.500. (baca juga: Lima Penyebab Harga Emas Bergerak)

[imagetag]

"Sementara tahun depan kami memperkirakan harga patokan terendahnya US$ 1.400 per troi ons," ujar Jeff Christian, Pendiri sekaligus Direktur Pelaksana CPM Group. Jika analisis ini benar, maka harga emas akan mengalami konsolidasi.

Tahun lalu, Christian dengan benar telah memperkirakan harga emas akan menyentuh level tertinggi di kisaran US$ 1.900 per troin ons. Padahal ketika itu, jajak pendapat terhadap para investor memberikan ekspektasi yang lebih tinggi.

Baca kelanjutannya : http://plasadana.com/konten.php?kanal=4&id=889

Fadden 29 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...