Kenaikan BBM Menambah Banyak Orang Indonesia Masuk Surga, krn Kemiskinan Bertambah

KENAIKAN BBM: Angka Kemiskinan akan bertambah 1%
Kamis, 22 Maret 2012 | 19:44 WIB

BATAM: Angka Kemiskinan Indonesia diperkirakan akan bertambah sekitar 1% sebagai dampak dari kenaikan harga BBM. Menteri Sosial RI Salim Segaf Al Jufri mengatakan jumlah tersebut diperoleh jika dihitung dari perkiraan terdorongnya inflasi sebesar 1% setelah harga BBM dinaikan. "Dampak dari kenaikan harga BBM kurang lebih 1% penduduk miskin akan bertambah, kan inflasi 1%, kemungkinannya dengan inflasi bisa dihitung jumlah yang bertambah," ujarnya usai Rakornas II Karang Taruna di Batam. Ia memastikan dampak dari kenaikan harga BBM akan terjadi inflasi yang bisa menurunkan daya beli masyarakat.

Namun sebagai respon, Kementerian menilai solusi dengan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang tengah digadang-gadangkan pemerintah adalah langkah perlindungan sosial bagi masyarakat miskin. "Harus ada bantuan langsung ke masyarakat, Jika BBM naik, tapi kalau tidak ada social protection juga tidak adil, daya beli masyarakat akan menurun. Dengan BLSM, daya beli mereka akan meningkat,"

Saat ini, berdasarkan verifikasi masyarakat miskin yang akan memperoleh dana BLSM tercatat sebanyak 18,6 juta Kepala Keluarga.
http://www.bisnis.com/articles/kenai...mbah-1-percent

BBM Naik, Tingkat Kemiskinan Jadi 12,8%
Dengan program kompensasi, diharapkan angka kemiskinan 12,8% dapat ditekan.
Senin, 12 Maret 2012, 16:33 WIB

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo memprediksi kenaikan bahan bakar minyak bersubsidi akan menyebabkan kenaikan tingkat kemiskinan menjadi 12,8 persen. Angka ini jauh lebih tinggi dari target pemerintah 10,5 - 11 persen pada 2012. "Ini karena program kenaikan BBM yang menyebabkan inflasi pada Maret," ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo di DPR, Jakarta, Senin 12 Maret 2012.

Karena itu pemerintah menyiapkan program kompensasi bagi masyarakat miskin yang terkena dampak langsung dari kenaikan harga BBM. Program kompensasi yang disiapkan pemerintah ada empat, yaitu program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLMS) sebesar Rp.150 ribu per rumah tangga sasaran (RTS) selama sembilan bulan.

Program kompensasi lainnya adalah meningkatkan jumlah penerima beras miskin, meningkatkan jumlah penerima beasiswa, dan meningkatkan subsidi kepada transportasi umum yang diperkirakan akan berdampak langsung dengan kenaikan BBM. "Dengan program kompensasi yang telah disiapkan pemerintah diharapkan angka kemiskinan itu dapat ditekan," katanya
http://bisnis.vivanews.com/news/read...nan-jadi-12-8-

Quote:

Dr.H. Asep Usman Ismail
Penghuni Surga Kebanyakan Orang Miskin?
Senin, 15/08/2011 09:59 WIB

Tanya:
Banyak ulama atau hadis menerangkan bahwa di surga kebanyakan penghuninya orang miskin sementara di neraka kebanyakan wanita. Sementara menurut para ulama atau hadis juga menyatakan bahwa orang yang masuk surga dan neraka setelah hisab atau hari kiamat. Mohon penjelasannya, Pak? (Agus Yuli Yanto)

Jawab:
Secara sosiologis struktur masyarakat itu seperti piramid, penduduk miskin berada pada piramida paling bawah sehingga jumlahnya paling banyak. Sangat logis, jika Nabi SAW menyebutkan bahwa penduduk surga lebih banyak orang miskin dengan alasan sebagai berikut:

1.Kehidupan di akhirat itu merefleksikan keadaan di dunia, jika di dunia penduduk miskin itu mayoritas, maka di akhirat pun tetap mayoritas;

2. Di dalam Al Qur'an pengertian faqir secara harfiah berarti orang yang membutuhkan. Makna ini mengacu kepada dua pengertian, yaitu dalam konteks sosial ekonomi dan eksistensi manusia. Pengertian pertama faqir adalah orang yang sudah berkerja dan mendapatkan penghasilan, tetapi penghasilannya tidak mencukupi kebutuhannya sehingga masih membutuhkan bantuan atau tambahan. Kedua, faqir adalah menyangkut eksistensi manusia yakni membutuhkan Allah (QS Fathir/35: 15). Penghuni surga adalah orang-orang faqir, yakni manusia yang menyadari eksistensi dirinya sebagai hamba Allah sehingga senantiasa berada dalam kesadaran, saya membutuhkan Allah. Manusia seperti inilah yang merupakan mayoritas penghuni surga. Selebihnya, penghuni surga minoritas adalah manusia yang beriman, tetapi kurang menyadari dirinya membutuhkan Allah. Mereka masuk surga karena kebaikan Allah, setelah Allah mempertimbangkan faktor imannya.
http://ramadan.detik.com/read/2011/0...n-orang-miskin
-----------------

Kalau akibat BBM naik per 1 April 2012 nanti menyebabkan angka kemiskinan bertambah sekitar 1% dari jumlah penduduk Indonesia 2012 yang diperkirakan sekitar 257.516.167 jiwa, maka ada tambahan orang miskin baru sekitar 2,5 juta jiwa. Dan secara total, jumlah angka kemiskinan menjadi sekitar 13% dari total penduduk saat ini (sekitar 33 juta jiwa). Karena mayoritas penduduk Indonesia itu adalah muslim, yang pasti meyakini bahwa kelak yang masuk SURGA itu kebanyakan orang miskin saat di dunia ini ... maka berbahagialah kita semua, dan berterima-kasihlah kepada Pemeritahan Presiden SBY yang berhasilmenambah jatah orang Indonesia yang masuk Surga kelak semakin bertambah aja!

karmila 25 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...