Konsekwensi ngirit : Peluang kerja turun

Dahlan Iskan Sedih BUMN 'Dipaksa Setor' Rp 2 Triliun oleh DPR
Feby Dwi Sutianto - detikFinance

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan menyesali keputusan Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI yang meminta setoran dividen BUMN ke kas negara mencapai Rp 30,7 triliun. Padahal Komisi VI DPR sebelumnya mengesahkan setoran dividen hanya Rp 28 triliun.

Dahlan sungguh menyesal, pasalnya keputusan Banggar yang menginginkan tambahan Rp 2 triliun ini bisa dialokasikan untuk tambahan proyek strategis nasional.

Menurut Dahlan dari pemotongan Rp 2 triliun itu, BUMN bisa menghasilkan proyek startegis nasional senilai Rp 12 triliun dan tentunya dapat menyerap tenaga kerja yang banyak pula.

"Saya sangat menyesal mendengar keputusan tersebut, Rp 2 triliun kalah produktif dengan Rp 12 triliun usaha yang berputar," kata Dahlan ketika Rapat dengan Komisi VI DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (28/3/2012).

Dahlan ingin mengalokasikan dana Rp 2 triliun untuk proyek strategis nasional seperti program 20.000 sapi untuk mendukung swasembada daging, swasembada beras, dan mebuat industri solar cell. Sementara itu menurut Sekjen Kementrian BUMN, Wahyu Hidayat, memilih mengalah demi menyelamatkan APBN.

Karena kementrian BUMN merupakan bagian dari pemerintahan. "Karena itu (setoran dividen) kebutuhan negara maka kita tidak ingin berdebat tentang itu," kata Wahyu.

Selain itu, Dia menegaskan sebenarnya kalau dividen itu diputar pada tubuh perusahaan BUMN nantinya bisa menghasilankan pendapatan yang sangat besar.

"Kalau uang Rp 2 triliun tersebut diputar bisa menghasilkan 10 kali lipat," imbuhnya.

http://finance.detik.com/read/2012/0...iliun-oleh-dpr

===============================================

Ini akibat pengiritan salah irit. Penyediaan lapangan kerja juga perlu modal. Tapi modalnya kebakar macet di Jakarta

zoegyBrix 28 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...