Mendagri Beri Peringatan Kepala Daerah Yang Menolak Kenaikan BBM

[imagetag]
Quote:

JAKARTA--MICOM: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi memberikan surat peringatan kepada kepala daerah yang menolak kenaikan harga bahan bakar minyak.

Ia mengancam akan memberikan tindakan tegas jika protes kepala daerah terus berlanjut pascapengesahan APBN-P.

Gamawan mengungkapkan bahwa sikap kepala daerah yang menolak penaikan BBM tidak elok. Menurutnya kebijakan pemerintah pusat ini mestinya mereka dukung.

"Ini kan tidak elok, pemerintah pusat punya aspirasi lain dan mereka punya aspirasi lain. Jadi kalau sekarang menjadi UU mungkin dari segi etika, kepatutan, dan kepantasan, kurang pantas karena mereka bagian dari sistem nasional," ujarnya usai Pembukaan Rapat Kerja Nasional Pemberdayaan Masyarakat Sosialisasi PNPM Mandiri Pedesaan 2012 di Jakarta, Selasa (27/3).

Menurutnya, Presidenlah yang mengesahkan kepala daerah. Pengesahan ini mewajibkan mereka untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat.

Sejumlah kepala daerah telah tercatat menolak mendukung penolakan penaikan BBM. Gamawan telah mengirimkan surat teguran kepada mereka.

"Semua kepala daerah sudah saya surati kemarin," jelasnya.

Sementara ini, Gamawan mengaku masih memantau dukungan kepala daerah terhadap penolakan BBM. Jika penolakan ini berlanjut hingga pengesahan APBNP, ia tak segan untuk melakukan sanksi tegas.

Sanksi ini bisa berupa pemecatan. Menurutnya, ketidaksetujuan ini termasuk pelanggaran sumpah jabatan kepala daerah.

"Kalau sudah menjadi UU APBNP, itu artinya ini sebuah keputusan resmi menjadi UU. Kepala daerah bersumpah patuh dan taat kepada peraturan dan perundangan yang berlaku itu," tandasnya. (Yoi/OL-3)

http://www.mediaindonesia.com/read/2...-Kepala-Daerah
Dilema juga ya bagi kepala daerah, ikut suara partai atau ikut pemerintah ? pusing juga bagi pemerintah yang anak buahnya mbalelo

s4nit0re 27 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...