[PIC] Dilanda Berita Demo Besar2an, Jalan-jalan JAKARTA Sepi spt Mudik

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

Isu Banjir Demo, Jalanan Jakarta Sepi
Selasa, 27 Maret 2012 , 12:34:00

JAKARTA--Mencuatnya kabar bahwa hari ini akan terjadi demontrasi besar-besaran di Jakarta, membuat masyarakat Jakarta takut untuk membawa kendaraan. Bahkan ada yang tidak berani untuk masuk kerja. Hal ini mengakibatkan kondisi jalanan Jakarta terlihat lengang dan terbilang sepi jika dibandingkan dengan hari biasanya.

Erlina, salah seorang karyawati yang bekerja di salah satu gedung di Jalan Rasuna Said, Kuningan , Jakarta mengaku bahwa hari ini tidak masuk bekerja dikarenakan khawatir aksi demo menentang kenaikan harga BBM menjadi rusuh. Sehingga, dirinya takut tidak ada angkutan umum. "Saya lebih baik tidak masuk kerja dulu deh hari ini. Takut nanti tidak bisa pulang," ungkap Erlina kepada JPNN di Jakarta, Selasa (27/3).

Berbeda dengan Egi Santosa, karyawati yang bekerja ANZ di kawasan Sudirman ini mengatakan tetap bekerja meskipun awalnya tetap merasa khawatir dengan situasi kondisi Jakarta. "Tetap masuk kerja. Jalanan malah sepi banget dan lancar jaya. Tadi pagi dari Sudirman ke Kemenkeu, dan kembali ke Sudirman juga masih lancar," ujarnya.

Sementara, Tanti yang bekerja di PT Unilever Indonesia dan terletak di kawasan Gatot Subroto mengungkapkan hari ini dirinya lebih memilih naik motor. Menurutnya, hal ini untuk mengantisipasi jika aksi demo yang terjadi di Jakarta hari ini rusuh. "Jalanan sepanjang hari ini lancar banget, kosong. Tapi aku lebih milih naik motor aja untuk antisipasi, takutnya macet atau rusuh," imbuhnya
http://www.jpnn.com/read/2012/03/27/...-Jakarta-Sepi-

[imagetag]
[imagetag]
[imagetag]
Illustrasi: Yang dicemaskan warga dan pengemudi mobil, kalau terjebak demo seperti diatas, lalu ada yang memprovokasi membakar atau merusak mobil ybs. Assuransi biasanya tak mau mengganti untuk kasus akibat kejadian seperti ini.


[imagetag]
[imagetag]
Illustrasi" Biasanya bila ada demo, yang jadi sasaran kemarahan massa adalah mobil plat merah atau mobil mewah

Antisipasi demo BBM, plat merah jadi plat hitam
Selasa, 27 Maret 2012 07:44 WIB

Surabaya (ANTARA News) - Semua mobil plat merah Pemerintah Kota Surabaya hari ini menggunakan plat hitam untuk mengantisipasi adanya perusakan pada saat demonstrasi penolakan kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Nanis Chairani, Selasa, mengatakan indtruksi tersebut diberikan tidak secara tertulis tetapi diberikan melalui BBM gateway yang disebarkan kepada semua Kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebanyak 72 orang termasuk camat dan kepala bidang yang memegang mobil dinas.

"Tapi itu sifatnya hanya imbauan kepada semua pemegang jatah mobil inventaris agar mengganti plat merah menjadi plat hitam, karena hari ini ada demo menolak kenaikan BBM," ujarnya. "Hanya sehari saja penggantian ini dilakukan, besok sudah diganti lagi menjadi plat merah," katanya. Nanis mengemukakan pemegang mobil inventaris yang tidak mengganti plat mobilnya menjadi hitam diharapkan memarkir kendaraan di halaman Taman Surya depan Balai Kota.
http://www.antaranews.com/berita/303...adi-plat-hitam

Demonstrasi Rugikan Aktivitas Perdagangan Puluhan Miliar
Minggu, 25 Maret 2012 19:49 WIB

Tribun-medan.com, Medan - Aktivitas ekspor dan impor Sumatera Utara diprediksi merugi miliaran rupiah jika rencana demo besar-besaran berbagai elemen masyarakat Sumut jadi digelar hari, Senin (26/3/2012). Apalagi berkembang wacana adanya rencana penutupan akses bandar udara Polonia Medan, serta jalan-jalan penghubung antara Kota Medan dengan wilayah sekitarnya. Ketua Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut, Khairul Mahalli mengatakan, perekonomian Sumut jelas dirugikan jika demo yang terjadi sampai menghambat aktivitas kegiatan ekonomi, termasuk ekspor impor. Ia bahkan tidak berani menjamin apakah para pengusaha, khususnya eksportir dan importir, akan tetap menjalankan aktivitas bisnisnya hari ini. Termasuk pengiriman barang dan penerimaan barang yang rutin mereka lakukan setiap harinya, melalui pintu masuk Belawan dan Polonia.

"Bisa mati perekonomian Sumut. Kita kan takut jadinya. Kalau tidak dikirim, schedule sudah ada untuk hari ini. Kalau dikirim, nanti mobil pengangkut barangnya dicegat, kan susah juga. Apa yang mau kita angkat ke kapal? Jelas ini bukan kondisi yang baik bagi para investor," terangnya ketika dihubungi Tribun, Minggu (25/3/2012).

Selain kerugian dengan terhambatnya aktivitas ekspor, impor produk yang masuk ke Sumut juga bisa jadi ikut tertunda. Akibatnya, katanya, industri-industri yang membutuhkan bahan baku dari luar negeri kemungkinan akan mengalami gangguan produksi. Prediksi milyaran rupiah tersebut perinciannya berasal dari biaya yang harus dikeluarkan pengusaha untuk jadwal antrian di Pelabuhan Belawan yang harus bertambah karena barang tidak dapat diangkut.

Asal tahu saja, ada sekitar 1000 boks lebih kontainer yang setiap hari beraktivitas di Belawan, meliputi trafik domestik dan internasional. Belum lagi klaim tambahan biaya yang diberikan importir asal luar negeri karena barang asal Sumut terlambat mereka terima. Dengan terlambatnya pengiriman barang ke luar negeri hari ini, maka pengiriman barang yang sudah terjadwal sebelumnya juga dipastikan akan berubah mengikuti penundaan yang terjadi akibat rencana demo besar-besaran di Medan.

"Pengusaha juga butuh kepastian. Saya berharap pemerintah dapat memberikan jalan keluar untuk permasalahan ini sehingga aktivitas perekonomian tidak terganggu," imbuhnya.

Dampak serupa juga mungkin terjadi pada aktivitas pengiriman barang dan dokumen, baik melalui jalur darat maupun udara. Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (ASPERINDO) M Eka Tarigan mengatakan, sekitar 30 ton barang yang keluar dari Medan maupun yang masuk ke Medan akan tertunda jika demonstran tetap memboikot akses transportasi, khususnya Bandara Polonia. Sejumlah 20 ton paket merupakan kiriman yang datang dari Jakarta ke Medan, sementara 10 ton adalah paket dari Medan ke luar kota. Apalagi jika demonstrasi dilakukan seharian, maka pihaknya terpaksa merubah jadwal pengiriman barang dan penerimaan barang di Kota Medan. "Memang untuk hari Senin, pengiriman tidak terlalu banyak. Karena hari sebelumnya kan libur. Tapi itupun kita harus tetap berupaya menjelaskan kepada pelanggan terkait keterlambatan ini," katanya.

Meski dipastikan tidak menderita kerugian dalam bentuk uang, namun ia khawatir jika ada paket-paket penting yang harus tiba namun terpaksa terkendala akibat putusnya akses pengiriman. " Kan ada paket-paket seperti vaksin dan obat-obatan. Juga dokumen-dokumen penting. Ini kan urgent sifatnya. Ini yang kita khawatirkan," jelasnya. Humas PT Angkasa Pura II Polonia, Firdaus juga mengaku sudah mendengar kabar akan adanya rencana pemboikotan akses Bandara Polonia Medan hari ini. Namun, katanya, seluruh persoalan pengamanan terkait aksi boikot itu sudah diambil alih oleh pihak Lanud TNI AU.

"Tapi kalau soal besaran kerugian, kita belum bisa pastikan. Memprediksi pun tidak bisa karena belum terjadi. Belum ada hitungan lah. Coba tanya pihak Airlines saja," tegasnya. Namun, ia mengaku tetap akan ada kerugian yang diderita jika akses ke Polonia benar-benar ditutup. Namun ia tetap enggan menyebutkan nominalnya. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut merilis, setidaknya lalu lintas penumpang domestik dari Bandara Polonia Medan mencapai sekitar 8000 hingga 9000 orang per hari. Sementara untuk penumpang internasional yang datang ke Medan, tercatat sekitar 500 orang per hari.

Distric Area Manager Air Asia, Maulana juga enggan menyebutkan besaran nominal kerugian yang diderita jika terjadi penundaan penerbangan armadanya. Namun pihaknya sudah melakukan rapat dengan jajaran internal Air Asia untuk mengantisipasi adanya isu demo besar-besaran hari ini. Antisipasinya, Air Asia akan mengerahkan seluruh karyawan, termasuk karyawan yang dijadwalkan libur pada hari ini, untuk stand by di bandara demi memaksimalkan operasional dan layanan penumpang Air Asia.

"Kalau nilai kerugian, maaf sekali tidak bisa saya share. Tapi kalau untuk antisipasi, besok (Senin, 26 Maret 2012) seluruh karyawan termasuk yang sedang libur pun, akan kita tugaskan untuk membantu operasional. Untuk pengamanan, kita mengikuti instruksi dari Angkasa Pura saja lah. Kita kan tidak bisa buat apa-apa," keluhnya.
http://medan.tribunnews.com/2012/03/...puluhan-miliar

----------------

Hitung saja, berapa kerugian perekonomian Jakarta hari ini, karena 27 maret 2012 bukanlah hari libur, akibat suasana demo seperti ini. Bisa dihitung pula, berapa kerugian bila demo akan berjalan seminggu lagi. Apa kira-kira pasar uang, pasar BEJ, pasar tanah Abang, tidak akan rugi triliunan rupiah?

:berduka

s4nit0re 27 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...