PUJI TUHAN... teroris al-shabaab hampir hancur,sisanya ngacir ke Yaman

Panglima AU: Al-Shabaab hampir hancur, gerilyawan asing lari ke Yaman

Nairobi (ANTARA News) - Kelompok Al-Shabaab Somalia yang bersekutu dengan Al-Qaida mendekati kehancuran, dan sejumlah besar anggotanya melarikan diri dari negara itu menuju Yaman, kata panglima pasukan Uni Afrika (AU) di Mogadishu, Kamis.

"Kami melihat kehancuran -- Al-Shabaab mungkin sekali akan hancur dalam waktu dekat," kata Mayjen Fred Mugisha asal Uganda, lapor AFP.

"Kami menerima laporan-laporan bahwa dalam beberapa hari terakhir ini, hampir 300 orang yang sebagian besar gerilyawan asing meninggalkan Somalia menuju Yaman -- ini tanda-tanda kekalahan," katanya kepada wartawan.

Sebuah kelompok pemikir Inggris memperkirakan, jumlah gerilyawan asing di Al-Shabaab mencapai sekitar 200 orang.

"Sedikit dorongan lagi dan kita bisa menstabilkan negara ini sehingga rakyat Somalia bisa hidup lebih baik," kata Mugisha. "Mereka (Al-Shabaab) berada dalam kondisi terlemah, mereka terus mengalami kemunduran."

Gerilyawan Al-Shabaab meninggalkan pangkalan strategis mereka di Baidoa, Rabu, setelah pasukan Somalia dan Ethiopia menguasai kota itu, kekalahan besar kedua bagi kelompok gerilya itu dalam enam bulan ini.

Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) yang berkekuatan 10.000 orang berperang untuk mengamankan Mogadishu, enam bulan setelah Al-Shabaab meninggalkan pangkalan mereka di sana dan melakukan perang gerilya, termasuk serangan-serangan bom bunuh diri dan bom mobil.

Baidoa, 250 kilometer sebelah timurlaut Mogadishu, ibu kota Somalia, merupakan tempat parlemen sementara Somalia sampai gerilyawan Al-Shabaab menguasainya tiga tahun lalu.

Kota tersebut sejak itu menjadi salah satu pangkalan utama Al-Shabaab dan penguasaannya oleh pasukan pemerintah membuat gerilyawan di Somalia tengah semakin terkucil, karena pasukan Uni Afrika (AU) juga memburu mereka keluar dari ibu kota.

http://www.antaranews.com/berita/298...-lari-ke-yaman

PUJI TUHAN SATU LAGI KELOMPOK TERORIS AKAN MUSNAH

Pemburu..Unta 04 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...