Rifat Sungkar Start di Posisi 20 WRC RALLY de Portugal

TRIBUNNEWS.COM - Pereli Indonesia Rifat Sungkar / Scott Beckwith berbendera berbendera Fastron World Rally Team akan memulai pertarungannya di arena balap, Kamis (29/3/2012), di kejuaran dunia WRC RALLY de Portugal di kota Farou. Demikian rilis yang dikirim ke redaksi Tribunnews.com

Rifat Sungkar, yang akan menggunakan kendaraan dengan nomor pintu 61, terdaftar sebagai satu dari pereli yang memperebutkan "WRC Rally Class" yaitu peserta yang menggunakan kendaraan Group N / 2000cc Turbo 4WD dan merupakan kejuaraan baru yang diperebutkan di kejuaraan dunia (WRC 2012) ini.

Pada Starting list yang dikeluarkan panitia penyelenggara semalam (pk 23.30 WIB),pereli Indonesia ini akan start pada posisi ke 20 pada jam 15.37 (21.37 WIB) dan langsung menjalani Super Special Stage di Algarve Stadium - Lisabon , kemudian team Fastron World Rally Team ini akan melanjutkan 3 Special Stage dimalam hari, yang akan dimulai pada jam 21.20 (03.20 WIB) didaerah Gomes Arires (10,19 km), Santa Clara (14,29 km) dan Ouriqe (11,10 km).

"Setelah 2 hari melakukan perjalanan jauh untuk survey (26/3 & 27/3) dan kemarin (28/3) melakukan shakedown (uji kendaraan), inilah pertarungan dunia yang akan kita hadapi. Saya harus beradaptasi dengan track dan team baru dan juga menjaga stamina karena perjalanan yang akan kami tempuh adalah 1564 kilometer selama 4 hari. Diawal lomba saya akan bermain aman, karena target kami adalah finish di event dunia ini. Kami mohon doanya," ujar Rifat.

Pada acara scrutineering (pemeriksaan kendaraan) pihak penyelenggara memeriksa semua bagian kendaraan dan perlengkapan dari overall, balaclava hingga kaos kaki diperiksa detail, juga sticker di badan mobil, dengan sangat teliti dan detail. "Alhamdulillah, mobil kami telah lulus / lolos proses scrutineering. WRC memang dikenal ketat untuk proses scrutineering-nya. Saya lega semuanya berjalan lancar," tambah Rifat Sungkar.

Shakedown (uji kendaraan di lintasan) yang dilakukan kemarin (Rabu 28/3) disaksikan oleh hampir 200 ribu penonton di sepanjang track sejauh 5,6 kilometer. WRC Rally de Portugal memang menjadi tontonan favorit pecinta otomotif sport yang datang dari berbagai penjuru dunia, khususnya dari benua Eropa.

"Performa mobil cukup bagus, meskipun masih diperlukan penyesuaian untuk handling dan brake-nya. Team Symtech Belgium yang menangani kendaraan perally Indonesia ini bekerja keras, untuk memenuhi permintaan Rifat yang dikenal sangat detail dalam masalah setting suspensi dan di pemilihan ban," komentar Scott Beckwith co-driver Rifat.

Rifat Helmy Sungkar, atlet motorsport kelahiran Jakarta tanggal 22 Oktober 1978 ini, dibesarkan di tengah keluarga pereli. Reli sudah merupakan bagian dari dirinya. Dedikasi dan prestasi Rifat di arena reli nasional mau pun internasional telah terbukti dan tidak mengecewakan kedua orang tua dan kakeknya yang juga pereli. Bahkan Rifat dapat mengharumkan nama bangsa dengan menaikan bendera Merah Putih di manca negara dan diakui bahwa Indonesia mempunyai atlet berprestasi international .

Atas prestasinya tersebut Rifat di tahun 2006 dianugrahkan "Bintang Prestasi" yang diberikan / disematkan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebagai atlet otomotif Indonesia yang berprestasi, Rifat Sungkar juga berprestasi di bidang olahraga motorsport drfiting. Rifat Sungkar ditunjuk sebagai duta safety driving Indonesia, dalam rangka mendukung kampanye FIA dan UNESCO untuk mengurangi kecelakaan lalu-lintas sampai dengan 50 persen pada tahun 2020.

http://www.tribunnews.com/2012/03/29...ly-de-portugal

gutamz 29 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...