Senin Netanyahu ke Washington, Selasa Iran LAngsung Izinkan IAEA Inspeksi Nuklirnya

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dilaporkan kembali mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu di Gedung Putih pada Senin, 5 Maret.

http://international.okezone.com/rea...aya-diplomatik

================================================== =====

Iran Izinkan IAEA Kunjungi Parchin

TEHERAN - Pemerintah Iran menegaskan mereka akan memberikan kesempatan kepada badan tenaga nuklir dunia (IAEA) untuk mengunjungi fasilitas militer Parchin, tulis kantor berita ISNA, Selasa (6/3), di Teheran. IAEA yakin di fasilitas itu pemerintah Iran menggelar riset daya ledak tinggi yang setara dengan senjata nuklir. Laporan IAEA, tahun lalu, menyebutkan Iran sudah membangun sebuah ruang besar di Parchin, tenggara Teheran.

Ruang itu ditujukan untuk uji coba ledakan yang sangat kuat, dari upaya mengembangkan bom atom. IAEA sempat meminta akses ke Parchin, ketika menggelar pembicaraan tingkat tinggi di Teheran bulan Februari lalu. Tetapi Pemerintah Iran menolak keinginan itu.

Menurut diplomat Iran di Wina, Parchin adalah fasilitas militer, dan akses ke tempat itu membutuhkan waktu. Karena itu, kunjungan ke sana tidak bisa sering. "Kita akan mengizinkan IAEA mengunjunginya sekali lagi," kata diplomat itu seperti dikutip ISNA.

Menurut Kepala IAEA, Yukiya Amano, Senin (5/3), Iran sudah menaikkan produksi pengayaan uraniumnya tiga kali lipad dan ini sangat mengkhawatirkan, terutama kemungkinan adanya dimensi kemiliteran yang terkait aktivitas nuklir Iran. eka/Rtr/P-4

http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/85318

================================================== =============

komen : ternyata nyali iran langsung ciut melihat israel mengadu ke AS

cemenn 07 Mar, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...