Al Qaeda Masih Ingin Balas Dendam

[imagetag]


WASHINGTON - Satu tahun setelah kematian mantan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, kelompok kecil bagian dari Al Qaeda masih akan melakukan balas dendam. Pemerintah Amerika Serikat (AS) pun sadar dengan ancaman tersebut.

Kematian Osama di tangan Navy Seal, tentunya membuahkan kemarahan pihak Al Qaeda. Mereka diyakini akan tetapi mengincar AS sebagai target utama. Sementara seorang pejabat AS menyebutkan, tim lama yang dimiliki oleh Osama memang sudah dibubarkan.

Mereka saat ini lebih mengkhawatirkan cabang-cabang baru yang menyerang kepentingan pihak Barat dan sekutu AS di luar negeri. Cabang-cabang Al Qaeda ini bermaksud melakukan serangan seperti 11 September 2001.

"Terlalu dini untuk berpikir bahwa Al Qaeda berada di ambang kekalahan. Mereka terus meningkatkan eksistensinya di dunia internasional," ujar penasihat pasukan khusus AS Seth Jones, seperti dikutip Associated Press, Senin (30/4/2012).

"Jumlah serangan yang dilancarkan afiliasinya terus meningkat. Untuk beberapa wilayah seperti Yaman, mereka sudah memperluas kendali wilayahnya," imbuh Jones.

Sedangkan penasihat kontraterorisme Gedung Putih John Brennan membenarkan bahwa Al Qaeda kembali berupaya untuk melancarkan serangan. Umumnya, serangan itu ditujukan pada kepentingan AS di Yaman.

"Kami terus bekerja sama dengan pihak Yaman, guna melacak petunjuk rencana serangan (balas dendam) itu," ujar Brennan.

Kendati demikian, Brennan mengaku pihaknya belum mendapatkan tanda plot balas dendam yang aktif ke arah kepentingan AS. Tetapi Pemerintah AS telah memperingatkan warganya di Pakistan untuk tetap waspada, menjelang peringatan tewasnya Osama bin Laden pada 2 Mei mendatang.

Osama tewas dalam sebuah operasi militer yang dilakukan Navy Seas pada 2 Mei 2011. Jasadnya dibuang di laut, guna mencegah terjadinya pengkultusan bila Osama dikubur di darat.

http://international.okezone.com/rea...n-balas-dendam

alohakabar 30 Apr, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...