Al Qaeda Tawarkan Inggris Tukar Tahanan

LONDON - Al Qaeda wilayah Afrika Utara menawarkan untuk melakukan pergantian tahanan dengan pihak Inggris. Al Qaeda menginginkan Inggris bebaskan Abu Qatada dengan bebasnya sandera Inggris, Stephen Malcom.

Kelompok afiliasi Al Qaeda yang biasa disebut AQIM ini, menegaskan akan membebaskan Stephen Malcom bila pada akhirnya Pemerintah Inggris membebaskan Abu Qatada.

Abu Qatada saat ini masih berdomisili di Inggris dan dianggap sebagai sosok yang membahayakan keamanan nasional Inggris. Ulama berusia 51 tahun ini, diyakini sempat menjadi orang kepercayaan terakhir dari mantan pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden oleh seorang hakim Spanyol.

Pihak di Inggris berusaha untuk mengeluarkan Abu Qatada dari wilayahnya selam hampir enam tahun. Mereka bahkan berencana untuk mendeportasi ulama radikal itu ke Yordania, namun masih belum ada keputusan final mengenai hal ini. Demikian diberitakan AFP, Senin (30/4/2012).

Sementara Stephen Malcom adalah warga Inggris yang juga memegang paspor Afrika Selatan (Afsel). Malcom bersama dua orang warga Barat lainnya, disandera sejak November lalu. Mereka ditahan oleh pihak AQIM sejak November tahun lalu.

AQIM menginginkan agar Abu Qatada dipindahkan ke negara-negara yang sempat dihadapkan pada Arab Spring atau negara-negara lain yang mereka inginkan.

Inggris selama ini melihat Abu Qatada yang dapat memberikan ancaman nasional. Namun selama ini usaha untuk mengeluarkannya dari Inggris selalu gagal karena terbentur oleh alasan HAM.

Abu Qatada dipenjara selama enam tahun di dalam penjara dan baru dibebaskan bersyarat pada 13 Februari lalu. Dirinya tidak pernah secara formal di dakwa oleh pihak berwenang Inggris.

Pengadilan HAM Eropa di Strasbourg sebelumnya memutuskan bahwa Inggris tidak dapat mendeportasi Abu Qatada karena bukti yang digunakan kepadanya di Pengadilan Yordania, kemungkinan besar didapatkan lewat jalan penyiksaan.
(faj)




ini foto teroris yang mau ditukar

[imagetag]




http://international.okezone.com/rea...-tukar-tahanan





ternyata memang orang alqaeda

Victim.of.Liar 01 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...