[BUKAN berita Pilkada DKI]96 lokomotif tahun ini diperbaiki di Balai Yasa Yogyakarta

Quote:

[imagetag]

Yogyakarta (ANTARA News) - Balai Yasa Yogyakarta sebagai pusat perawatan kereta api di Pulau Jawa menjadwalkan akan melakukan perawatan rutin 96 unit lokomotif selama 2012.

"Pada tahun ini, jumlah lokomotif yang dibebankan kepada kami untuk menjalani perawatan sebanyak 96 unit. Semuanya lokomotif yang dioperasionalkan di Pulau Jawa," kata Kepala Balai Yasa Yogyakarta John Roberto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, terdapat dua jenis perawatan yang dilakukan untuk lokomotif, yaitu perawatan rutin dan perawatan secara total atau overhaul.

Perawatan rutin dilakukan apabila sebuah lokomotif sudah menempuh 325.000 kilometer sedangkan perawatan total dilakukan apabila jarak tempuh sudah mencapai 650.000 km.

Hingga akhir April 2012, sudah sebanyak 39 lokomotif yang menjalani perawatan di Balai Yasa Yogyakarta, termasuk tujuh unit "train set" yang memiliki spesifikasi kereta rel diesel elektrik (KRDE) maupun kereta rel diesel (KRD) seperti Prambanan Ekspres.

"Jika dihitung, pencapaian hingga April 2012 sudah cukup baik, karena melebihi target yang ditetapkan," katanya."Perawatan setiap satu unit lokomotif biasanya membutuhkan waktu satu bulan, dan semuanya bisa dikerjakan secara paralel," katanya.

Jumlah total lokomotif yang dioperasionalkan di Pulau Jawa sekitar 200 unit, dan menurut John semuanya menjalani perawatan secara berkala di Balai Yasa.

Ia mengatakan fasilitas yang ada di Balai Yasa Yogyakarta termasuk lengkap, bahkan bisa dikatakan sebagai tempat perawatan kereta api terbesar di Asia Tenggara. "Selain itu, tenaga kerja di Indonesia tergolong murah dibanding dengan upah tenaga kerja di luar negeri," katanya.
(E013)
http://www.antaranews.com/berita/308...asa-yogyakarta

orang-orang di Pengok bakalan sering lembur dong belakangan ini....

[imagetag]

Chikashi.Masuda 01 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...