Gaji Diturunkan, Para Satpam DPRD Wonogiri Kecewa

Quote:

WONOGIRI, suaramerdeka.com- Para personel Satuan Pengamanan (Satpam) DPRD Kabupaten Wonogiri kecewa. Pasalnya, gaji mereka diturunkan dari semula Rp 750 ribu menjadi Rp 650 ribu per bulan. ''Sebagai wong cilik saya kecewa, sebab sudah lama gaji tidak pernah naik, ini malah diturunkan,'' keluh Diyono mewakili rekan-rekan Satpam DPRD Wonogiri.

Menurut Diyono, penurunan gaji diberlakukan mulai April 2012 ini. Alasannya, karena ketentuan pagu indeks honor Satpam, anggarannya per bulan memang hanya Rp 650 ribu. ''Kalau alasannya angka indeks, secara aturan saya dapat memahami. Tapi selaku 'wong cilik', saya kecewa. Sebab sudah bertahun-tahun gaji tidak naik, ini malah diturunkan,'' ujarnya.

Kasus diturunkannya gaji para anggota Satpam DPRD Wonogiri ini, membuat kaget para wakil rakyat. Anggota dan Wakil Ketua Komisi A, Sutrisno SE MM dan Samino SIP MM, menyatakan, secara resmi belum menerima laporan tentang kasus tersebut. Keduanya menyebutkan, tidak bijaksana bila gaji Satpam diturunkan. Sebab, tandas keduanya, gaji yang selama ini dibayarkan, itu jumlahnya masih dibawah UMR (Upah Minimum Regional) maupun UMK (Upah Minimum Kabupaten).

''Bukankah ketentuan UMK untuk Kabupaten Wonogiri sebesar Rp 785 ribu per bulan ?,'' ujar Samino. Terkait ini, timpal Sutrisno, bijaksana bila gaji Satpam ditinjau ulang untuk dinaikkan, bukan diturunkan. ''Saya setuju bila gajinya minimal disesuaikan dengan nominal UMK, bukan malah diturunkan di bawah UMK,'' tandas Sutrsino.

Penegasan sama, juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Drs Hamid Noor Yasin MM. Sebagai pimpinan Dewan, Hamid belum mendapatkan laporan tentang adanya penurunan gaji Satpam DPRD. ''Coba nanti, soal gaji Satpam ini akan kami cek, untuk kemudian dilakukan pembahasan, dan bila memungkinkan, sepadapat mungkin jangan diturunkan,'' ujar Hamid.

Sekretaris DPRD Wonogiri Drs Sukiyono MM, menyatakan, kebijakan penurunan gaji Satpam, terpaksa dilakukan karena menyesuaikan ketentuan penetapan indeks anggaran yang dikeluarkan oleh Bupati Wonogiri. Penentuan gaji Satpam Rp 750 ribu per bulan yang dilakukan mengacu pada ketentuan Gubernur Jateng, yang menyebutkan minimal Rp 740 ribu per bulan.

Tapi belakangan ini, Bupati mengeluarkan penentuan indeks pembayaran honor Satpam per bulan Rp 650 ribu. Jumlah ini, terhitung telah mengalami perubahan, karena semula ketentuan indeks-nya hanya Rp 500 ribu per bulan. ''Karena aturannya begitu, tidak boleh tidak kami harus menyesuaikan,'' tandas Sukiyono didampingi stafnya Sunardi.

Untuk kembali menaikan gaji Satpam, prosedure-nya harus diawali dulu dengan upaya mengajukan perubahan indeks ke Bupati, agar nantinya dapat dijadikan acuan. Di DPRD Wonogiri, memiliki enam personel Satpam yang bertugas bergiliran selama 24 jam setiap harinya.
sangat berbeda dengan berita sebelah yang mau naik gaji :o
sabar yo pak satpam :o

dheniajadeh 26 Apr, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...