Masalah TKI Berawal dari Dalam Negeri

Quote:

Masalah TKI Berawal dari Dalam Negeri


Quote:

[imagetag]

Quote:

Jakarta - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) mengakui munculnya masalah hukum yang banyak menimpa Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri khususnya di Malaysia akibat bermasalahnya proses perekrutan mereka di dalam negeri.

"Saya setuju kalau dikatakan mayoritas masalah TKI bermula dari dalam negeri sendiri dan pemerintah mengakui itu. Proses perekrutan di dalam negeri, sampai penempatannya bahkan sudah bermasalah," ujar Staf Khusus Kemenakertrans, Dita Indah Sari dalam diskusi bertajuk Urus TKI Setengah Hati di Jakarta, Sabtu (28/4/2012).

Dia mengatakan, hampir semua rangkaian proses pendaftaran hingga penerimaan bahkan sampai pada tahapan penempatan negara bagi TKI sudah mengalami masalah. Maka tak heran setelah berada di luar negeri permasalahan hukum pun terus mengikuti.

Di Malaysia, dia mencontohkan berdasarkan data dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dari sekitar 2,4 juta TKI yang mengadu nasib di sana, setengahnya atau sebanyak 1,2 juta TKI bermasalah atau ilegal. Kini mereka sedang mengikuti program pemutihan, 6 P atau 6 Pati atau pendatang tanpa izin. "Pertanyaannya kok bisa ada 1,2 juta warga negara kita bisa mendarat tidak sesuai prosedur, disana," ujar Dita

Menurut dia, selain karena penempatan yang bermasalah, juga karena ditunjang 73 titik rawan di Indonesia yang bisa menjadi jalur masuk tenaga kerja Indonesia ke Malaysia dengan jalur ilegal. "Ini yang juga kita minta pemerintah daerah agar menindak tegas aparat-aparatnya yang nakal," tandas Dita. [mvi]


yaudh kalo udh di akuin benerin dong kinerja nya pak :capedes

dheniajadeh 28 Apr, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...