Mein Kampf, Buku ideologi Nazi ttg Biografi, Politik, Agama dan Rasisme

[imagetag]
hitler at church

Bavaria akan terbitkan memoir Hitler

Buku Mein Kampf, lengkap dengan tanda tangan Hitler, dipamerkan di London.

Negara bagian Jerman di Jerman, Bavaria, berencana menerbitkan memoir Hitler, Mein Kampf, pada 2015, sebelum hak cipta buku itu berakhir.

Buku itu dilarang oleh undang-undang Jerman namun Bavaria menggunakan kepemilikan hak cipta untuk mencegah publikasi edisi bahasa Jerman sejak tahun 1945.

Pembatasan hak cipta ini berakhir tahun 2015, 70 tahun setelah kematian Hitler.

Pemerintah Bavaria mengatakan mereka menyiapkan satu edisi untuk mahasiswa dan mencakup komentar kritis.

Hitler menulis Mein Kampf (Perjuangan saya) tahun 1924, saat menjalani hukuman penjara karena berupaya melakukan kudeta.

Membosankan
Edith Raim dari Institut Sejarah Kontemporer, mengatakan versi paska hak cipta yang tengah ia siapkan merupakan karya ilmiah.

Buku yang mengangkat ideologi Nazi itu sebagian berisi biografi, sebagian politik, dan juga sebagian kritikan rasis.

Memoir itu belum pernah diterbitkan di Jerman sejak akhir Perang Dunia II namun pada tahun 1945, tak kurang dari 10 juta kopi buku telah terjual.

Buku tersebut tersedia dalam bentuk terjemahan dan juga di internet.

Setelah Hitler berkuasa tahun 1933, pasangan yang baru menikah mendapatkan buku itu sebagai hadiah pernikahan dari negara.

Wartawan BBC Stephen Evans di Berlin mengatakan banyak pembaca, termasuk diktator fascis Benito Mussolini, menyatakan buku itu membosankan.

Kurang menarik
Menteri Keuangan Bavaria Markus Soeder mengatakan keputusan untuk menerbitkan buku diambil setelah pembicaraan dengan para pengacara dan kelompok-kelompok yang menentang.

"Kami ingin mengungkap omong kosong apa yang ada di buku itu dan menunjukkan kepada dunia, bencana seperti apa yang akan terjadi dengan pemikiran seperti ini," kata Soeder.

Dengan menerbitkan buku ini pada 2015 atau sebelum berakhirnya hak cipta, Bavaria merencanakan untuk mengeluarkan edisi Jerman sebagai "buku yang kurang menarik untuk dijual."

Mulai 2016, tidak akan ada pembatasan lagi untuk penerbitan memoir itu, kecuali bila digunakan untuk memicu kebencian rasial.

Presiden badan dewan Yahudi di Jerman, Dieter Graumann, mengatakan ia lebih senang rakyat Jerman membaca salinan buku yang dilengkapi dengan catatan.

Bulan lalu, pengadilan di Munchen menetapkan seorang penerbit Inggris, Peter Magee, tidak dapat menjual rangkuman buku itu di Jerman.

Ia mengatakan akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

(bbc/bbc)

Mein Kampf, Buku ideologi Nazi ttg Biografi, Politik, Agama dan Rasisme akan diterbitkan.

BindEexe 26 Apr, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...