Menkeu AS: Krisis Eropa dan Keputusan Iran Menghentikan Minyak, Mengancam Ekonomi AS

Menteri Keuangan AS, Timothy Geithner pada Rabu, 25/04/12 mengatakan krisis keuangan yang melanda zona euro ditambah keputusan Iran meghentikan ekspor minyaknya ke blok negara kasta wahid tersebut sangat membahayakann ekonomi AS.

"Ke depan, kami akan menghadapi risiko besar," kata Geithner kepada Portland City Club, Rabu. Dikatakannya risiko tersebut termasuk "krisis parah dan berlarut-larut yang melanda Eropa, ditambah lagi "konfrontasi" Barat dengan Tehran yang menambah tekanan pada harga minyak di pasar global," lapor San Francisco Chronicle.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juni naik 96 sen menjadi $ 119,12 di perdagangan London Rabu malam.

Menteri Keuangan AS juga mencatat, "Sebagian besar krisis keuangan disebabkan oleh kebodohan dan keserakahan termasuk kecerobohan para pengambil risiko dan kebijakan yang menyerukan undang-undang yang menipu dan penghianatan."

Pernyataan tersebut diutarakannya di tengah intensifnya krisis keuangan zona euro yang melanda benua biru tersebut sejak tahun 2008.

Sementara itu, Uni Eropa dilaporkan menunda batas waktu April untuk meninjau kembali dampak embargo UE pada impor minyak Iran karena kekhawatiran krisis energi masa depan di negara-negara blok kasta wahid tersebut.

Harga minyak global terus naik dalam beberapa bulan terakhir setelah Iran memutuskan menghentikan ekspor minyak mentahnya ke negara-negara Eropa tertentu sebagai bagian dari kebijakan 'countersanctions'. Pada bulan Januari 2012, menteri luar negeri Uni Eropa menyetujui serangkaian sanksi untuk Iran, termasuk larangan impor minyak Iran.

Uni Eropa menerapkan sanksi untuk Iran tersebut dimaksudkan untuk menekan negara itu menghentikan program energi nuklirnya.

http://islamtimes.org/vdcfjvdyxw6dtea.,8iw.html

nah lo...yang gembar-gembor sanksi sapa? yang menelan pil pahit akibatnya sapa? mampus aje lu....:iloveindonesias

aliee 27 Apr, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...