Pengertian dari Search Engine atau Mesin Pencari ?

Menurut saya topik ini merupakan topik yang basi di kalangan blog sejagad, bagaimana tidak saya rasa sudah hampir semua para bloging mengangkat topik Pengertian dari Search Engine atau Mesin Pencari ?
Tapi setelah dipikir-pikir tak apa lah, yang penting bisa update artikel terbaru hehe ..

Search Engine ( Mesin Pencari ) merupakan suatu sistem komputerisasi yang difungsikan untuk mempermudah dalam usaha pencarian suatu dokumen website. Dimana pada umumnya search engine memiliki kapasitas yang cukup besar karena digunakan sebagai tempat penyimpan data-data website yang telah di kunjungi robot (crawl) yang dimilikinya.


Selain halaman web, Mesin pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

Ketika seseorang mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.
Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru.

Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumber daya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.

Begitulah kira-kira pengertian dari Search Engine mudah-mudahan dimengerti dan jika pun tidak dimengerti tidak masalah, ini kan cuma untuk menambah wawasan saja.
Jika ingin berkomentar silahkan mumpung gratis hehehe...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...