Seratus Ribu Buruh Peringati Mayday


TEMPO.CO , Jakarta:Lebih dari 100 ribu buruh akan melakukan unjuk rasa di berbagai kota di Indonesia untuk memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day pada 1 Mei besok.

Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia Nining Elitos mengatakan organisasinya akan melibatkan 10 ribu buruh dalam aksi besok di Jakarta.
Di Yogyakarta, sekitar 2.000 buruh akan turun ke jalan. "Aksi ini untuk mengingatkan perjuangan 8 jam bekerja, 8 jam istirahat, dan 8 jam lainnya untuk aktivitas sosial," kata Sekretaris Jenderal Aliansi Buruh Yogyakarta Kirnadi.

Di Jawa Timur, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Jawa Timur mengancam akan menduduki kantor Gubernur Jawa Timur besok. "Target kami mengajak Gubernur berdialog. Kami menolak ditemui pejabat lain selain (Gubernur) Soekarwo," kata Koordinator Konfederasi Jamaluddin kemarin. Demonstrasi itu akan diikuti 20 ribu orang.

Dari Medan dilaporkan Dewan Buruh Sumatera Utara akan menggelar aksi ribuan buruh dan mahasiswa di Bandar Udara Polonia, Medan, besok. "Kami pilih Polonia agar SBY-Boediono serius menanggapi persoalan buruh," ujar koordinator aksi, Bambang Hermanto. Menurut dia, aksi turun ke jalan akan dimulai hari ini.

Di Jakarta, juru bicara Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan sekitar 50 ribu buruh akan berunjuk rasa. Mereka berasal dari Tangerang, Bekasi, dan Pulogadung. "Mereka datang pada hari yang sama, yaitu 1 Mei, tapi pada waktu berbeda," katanya Ahad 29 April 2012 kemarin.
Polda Metro Jaya bakal menerjunkan 16.068 personel gabungan dari Markas Polda, Polres, Markas Besar Kepolisian RI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka disebar di titik-titik demonstrasi, seperti Istana Negara, Istana Wakil Presiden, Bundaran Hotel Indonesia, Jalan M.H. Thamrin, Stadion Gelora Bung Karno, dan gedung MPR/DPR.

Para buruh yang berunjuk rasa datang dari berbagai organisasi buruh. Salah satu isu yang mereka angkat adalah menuntut pemerintah menghapus sistem outsourcing. "Buruh mudah dipecat, tak ada pesangon, padahal jam kerja sama dengan pekerja lain," kata juru bicara Sekretariat Bersama (Sekber) Buruh, Budi Wardoyo. Menurut dia, sekitar 14 ribu buruh dari Sekber akan berdemo di depan Istana.

Ketua Umum Serikat Pekerja Serikat Buruh (SPSB) Koswara mengatakan sekitar 2.000 buruh di bawah SPSB akan bergerak menuju Jakarta, tepatnya di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. "Kami sudah mengimbau para anggota agar tak berbuat anarki," kata dia.
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengimbau para buruh agar merayakan Hari Buruh Sedunia dalam suasana tertib, aman, dan damai. "Kalaupun mau demo, ya berdemolah dengan tertib, aman, dan damai," katanya dalam keterangan persnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Muhammad Taufik menyatakan Polri sudah berkoordinasi dengan para penanggung jawab unjuk rasa buruh. "Agar mereka melakukan aksi dengan damai dan tak membawa barang-barang yang dilarang, seperti senjata tajam," ujarnya.
TIM TEMPO

:repost2

Cekidot sumbernya:
http://id.berita.yahoo.com/seratus-r...225605166.html


dheniajadeh 30 Apr, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...