Tombol Shortcut Fungsi Pada Keyboard

Pembahasan topik kali ini tentang fungsi keyboard yang dimana kita sering mengabaikan dari fungsi tombol shortcut pada keyboard pada komputer kita.
Tombol keyboard merupakan Dalam komputasi, keyboard adalah keyboard mesin tik gaya, yang menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau saklar elektronik. Setelah penurunan dari kartu punch dan pita kertas, interaksi melalui teleprinter gaya keyboard menjadi perangkat input utama untuk komputer.


Meskipun perkembangan perangkat input alternatif, seperti mouse, touchscreen, perangkat pena, pengenalan karakter dan pengenalan suara, keyboard tetap menjadi perangkat yang paling sering digunakan dan paling fleksibel untuk digunakan langsung (manusia) masukan ke komputer. Sebuah keyboard yang biasanya telah terukir karakter atau tercetak pada tombol dan setiap tekan sebuah tombol biasanya berkaitan dengan suatu simbol ditulis tunggal. Namun, untuk memproduksi beberapa simbol memerlukan terus menekan beberapa tombol secara bersamaan atau secara berurutan.

Sementara tombol keyboard yang paling menghasilkan huruf, angka atau tanda-tanda (karakter), kunci lain atau penekanan tombol simultan dapat menghasilkan tindakan atau perintah komputer.

Struktur tombol pada keyboard secara umum terbagi menjadi empat, yaitu :

Tombol ketik
Tombol ketik terdiri dari huruf, angka dan tanda baca. Ada empat jenis susunan huruf pada keyboard yaitu DVORAK, QWERTY, AZERTY dan QWERTZ. Tombol ketik yang paling banyak digunakan adalah susunan QWERTY.

Tombol angka
Tombol angka merupakan bagian khusus yang terpisah dari tombol ketik. Tombol angka berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan sederhana.

Tombol fungsi
Tombol fungsi ini adalah tombol tambahan pada keyboard. Contoh-contoh tombol fungsi adalah F1-F12. Tombol fungsi ini dapat digunakan untuk memberi perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi dan aplikasi.

Tombol kontrol
Tombol kontrol berfungsi sebagai penyedia kontrol pada kursor di layar. Yang termasuk tombol kontrol misalnya tanda panah, home, insert, end, delete, page up, page down, ctrl, alt, dan esc.
Berikut ini beberapa fungsi tombol keyboard komputer secara umum khususnya pada browser internet, pada aplikasi tertentu bisa saja berbeda:
Ctrl A :Memblok keseluruhan.
Ctrl C :Mengcopy blok tulisan atau file  ke clipboard
Ctrl F :Melakukan fungsi pencarian
Ctrl H :Menampakan/menyembunyikan history.
Ctrl I :Menampilkan/menyembunyikan bookmarks.
Ctrl O :Menampilkan kotak dialog open.
Ctrl P :Mencetak halaman web yang sedang dibuka.
Ctrl R :Merefresh galaman web terbaru.
Ctrl V :Mem paste isi clipboard.
Ctrl W :Keluar dari amplikasi dan menutup jendela.
Ctrl X :Memotong blok terpilih.
Ctrl Z :Membatalkan perintah dan menutup jenjdela.
F1 :Fasilitas help.
F3 :Memunculkan/menghilangkan bar search explorer.
F4:Daftar drop down dari kotak address.
F5 :Merefres halaman web yang aktif.
F10 :Mengarahkan fokus ke menu bar.

Itulah sedikit pembahasan teknology pada Tombol Shortcut Fungsi Pada Keyboard.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...