8 Negara Besar Kumpul di AS, Apa Yang Dibicarakan?

Quote:

8 Negara Besar Kumpul di AS, Apa Yang Dibicarakan?


[imagetag]

Washinton – Presiden Barack Obama menyambut pemimpin dunia dalam pertemuan negara-negara G8 di Camp David, dekat Washington, Sabtu (19/12/2012). Pembicaraan akan terfokus pada isu Yunani dan zona euro.

BBC melaporkan, selain Yunani, isu nuklir Iran dan Korea Utara juga turut dibahas. Korea Utara tengah menghadapi isolasi lebih ketat karena G8 sudah setuju untuk melakukannya. Tentunya, jika Korea Utara bersikeras untuk tetap melakukan provokasi dengan program nuklirnya.

Mengenai krisis Eropa, Obama dan Presiden Prancis Francois Hollande sepakat untuk memfokuskan pada pertumbuhan eonomi. Obama mengatakan, upaya menangani krisis utang di Eropa merupakan agenda sangat penting saat ini.

Isu Yunani juga menjadi perhatian utama, khususnya mengenai kemungkinan Yunani keluar dari zona euro. Investor mengkhawatirkan, tindakan Yunani ini akan memicu krisis yang berkepanjangan dan memicu krisis global.

Kanselir Jerman Angela Merkel meminta Yunani menggelar referendum atau jajak pendapat publik mengenai apakah negeri itu perlu keluar dari zona euro atau tidak. Referendum itu bisa dilakukan berbarengan dengan pemilu yang akan digelar 17 Juni mendatang. Merkel tidak percaya dengan anggapan bahwa masyarakat Yunani menginginkan keluar dari zona euro. [tjs]


ga habis2 dah kalo ngmngin krisis dan kasussegala macam negara tuh :capedes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...