Afghanistan Khawatirkan Penarikan Tentara ISAF

Liputan6.com, Kabul: Afghanistan mengkhawatirkan keputusan NATO untuk mengurangi jumlah pasukan keamanan karena menghadapi kesulitan keuangan. Pemerintah Afghanistan juga menegaskan bahwa ancaman terorisme masih tinggi di negaranya. Demikian yang dikutip NHK, Selasa (22/5) waktu setempat.

Pertemuan puncak NATO di Chicago yang berakhir Senin lalu menegaskan kembali bahwa tentara tempur dari Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) akan ditarik dari Afghanistan pada akhir 2014 seperti yang direncanakan.

Pertemuan itu juga menyetujui rencana untuk meningkatkan jumlah pasukan keamanan Afghanistan menjadi 350.000 pada akhir tahun ini, namun akan turun menjadi 230.000 setelah 2015, untuk mengurangi beban keuangan internasional.

Juru bicara Upper House Afghanistan Muhammad Alam Izedyar mengatakan kepada NHK bahwa Taliban masih terus menggempur dengan teror dan serangan lain. Katanya, situasi keamanan negaranya akan memburuk jika jumlah pasukan keamanan dikurangi.

Di Kabul, warga setempat mengatakan jumlah pasukan keamanan harus diperkuat. Mereka mengatakan hal itu perlu dilakukan untuk mencegah kebangkitan Taliban. Dengan mempertimbangkan keprihatinan masyarakat, pemerintah Afghanistan mengatakan ukuran pasukan keamanan akan ditentukan oleh rakyat Afghanistan sendiri.

Juru bicara dari pasukan internasional juga berusaha untuk mencegah kekhawatiran rakyat Afghanistan. Menutunya, ukuran kekuatan keamanan Afghanistan akan ditentukan dalam 2-3 tahun ke depan, tergantung pada situasi keamanan.(SHA)


http://berita.liputan6.com/read/4044...n-tentara-isaf



rakyat afghanistan takut taliban rupanya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...