(Analisa LAPAN) - Sukhoi jatuh saat tembus awan 37.000 kaki

Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) menyatakan saat Sukhoi Superjet 100 menabrak tebing Gunung Salak tanggal 9 Mei pukul 14.33 WIB, gunung tersebut sedang diliputi awan Cumulonimbus menjulang setinggi 37.000 kaki (11,1 km).

"Logika sederhananya, pilot akan mencari jalan keluar yang paling aman. Namun menaikkan pesawat untuk mengatasi awan mungkin dianggap terlalu tinggi, dari 10.000 kaki harus terbang melebihi 37.000 kaki. Karena itu, pilihannya hanya mencari jalan ke kanan, kiri, atau bawah,"
kata Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan Thomas Djamaluddin, ketika dihubungi dari Jakarta, Sabtu.

Karena itu, ia menjelaskan, pilihan minta izin menurunkan pesawat ke ketinggian 6.000 kaki mungkin didasarkan pada pertimbangan bahwa ada sedikit celah yang terlihat di bawah, tetapi terlambat memperhitungkan risiko yang lebih fatal dengan topografi yang bergunung-gunung.

Ia menguraikan, data MTSAT menunjukkan sekitar waktu kejadian, awan di sekitar Gunung Salak memang tampak sangat rapat dengan liputan awan lebih dari 70 persen.

Analisis indeks konveksi yang bisa menggambarkan ketinggian awan juga menunjukkan indeks sekitar 30 yang bermakna adanya awan Cb (Cumulonimbus) yang menjulang tinggi sampai sekitar 37.000 kaki (11,1 kilometer).

Data satelit itu, tambahnya, memberi gambaran bahwa saat kejadian, pesawat dikepung awan tebal yang menjulang tinggi. Pada saat sebelum jatuh itu, diinformasikan pesawat turun dari ketinggian 10.000 kaki (3 kilometer) ke 6.000 kaki (1,8 kilometer), padahal tinggi gunung Salak sekitar 2,2 km.

Namun analisis ini, tegasnya, hanya berdasarkan data satelit cuaca, sekadar untuk memberi jawaban sementara berdasarkan data, bukan berdasarkan spekulasi yang tak berdasar.

"Analisis komprehensif tentang faktor lainnya tentu kita nantikan dari analisis rekamanan penerbangan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), walau tentu saja faktor cuaca tetap tak dapat dikesampingkan," kata Djamal.

Sementara itu, mantan Kepala Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan BPPT Syamsul Bahri yang ditemui mengatakan, saat berada di dalam kepungan awan seorang pilot memiliki risiko yang tinggi untuk tiba-tiba naik atau tiba-tiba turun.

"Karena itulah, setiap pilot selalu menghindari awan untuk menghindari risiko ini dengan terbang jauh di atas liputan awan. Namun mungkin si pilot belum menguasai medan yang berat ini," kata Kepala Biro Perencanaan BPPT yang berpengalaman menerbangkan pesawat untuk layanan modifikasi cuaca itu.(D009)
http://www.antaranews.com/berita/310...wan-37000-kaki

masuk akal apa yg dianlisis oleh org lapan

tambahan
Quote:

Alasan Menara Izinkan Sukhoi Bermanuver

TEMPO.CO, Jakarta – Spekulasi diizinkannya pesawat Sukhoi Superjet 100 menurunkan ketinggian dari 10 ribu ke 6.000 kaki terungkap. Mulya Abdi, Pelaksana Harian Manajer Umum Menara Pemandu Lalu Lintas Udara atau Air Traffic Control (ATC) Bandara Soekarno-Hatta, mengatakan bahwa Sukhoi diizinkan turun karena dinilai aman.

"Saat Sukhoi meminta izin turun ke 6.000 kaki, pesawat itu berada di kawasan Atang Sanjaya," kata Mulya di kantornya kemarin. Itu wilayah aman untuk manuver. Jarak Atang Sanjaya dengan Gunung Salak sekitar 7 mil atau 12 kilometer.

Pesawat Sukhoi Superjet 100 menabrak tebing Gunung Salak saat melakukan demonstrasi penerbangan Rabu lalu. Sebanyak 45 orang berada dalam pesawat yang dikemudikan oleh pilot Aleksandr Yablontsev itu.

Mulya menjelaskan pilot Sukhoi tiga kali melakukan kontak dengan ATC Soekarno-Hatta. Pertama, saat lepas landas dari Halim Perdanakusuma. Kedua, saat izin turun ke 6.000 kaki. Ketiga, saat izin melakukan orbit (memutar) ke kanan. "ATC mengizinkan karena masih di area aman penerbangan," katanya. Dia menegaskan pihaknya sudah menjalankan prosedur dalam memandu penerbangan Sukhoi Superjet 100.

Ketua Komisi Nasional Keselamatan Transportasi Tatang Kurniadi belum bisa menjelaskan penyebab kecelakaan Sukhoi. "Kami terus mencari kotak hitam pesawat Sukhoi."

AYU CIPTA | ANGGA SUKMA WIJAYA | SUKMA

Tiga Kali Kontak, Lalu Sepi

Petugas menara pengendali (Air Traffic Control atau ATC) Bandar Udara Soekarno-Hatta tiga kali berkomunikasi dengan pilot Sukhoi Superjet 100 sebelum nahas menjemput, Rabu siang lalu.

1. Pukul 14.12 WIB. ATC mengizinkan Sukhoi terbang Bogor.

2. Pilot meminta izin menurunkan pesawat dari ketinggian 10 ribu kaki ke 6.000 kaki. ATC mengizinkan karena pesawat berada di area aman Atang Sanjaya. Jarak Atang dengan Gunung Salak sekitar 8 mil.

3. Setelah menurunkan ketinggian, pilot Sukhoi meminta persetujuan orbit (berbelok memutar) ke kanan. Setelah itu, kontak dengan Sukhoi hilang.

4. Sekitar 20 menit kemudian, ditetapkan pesawat lost contact.

Cuaca
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengatakan cuaca di Bogor dan Gunung Salak pada Rabu aman untuk penerbangan. Tapi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional mencatat, dari satelit terpantau awan kumulonimbus yang rapat sampai 70 persen menjulang tinggi sampai 37 ribu kaki (11,1 km).

Data Korban:
Pukul 10.00 WIB, di lokasi kecelakaan di lereng Gunung Salak, Sukabumi, pada ketinggian 5.800 kaki, Tim SAR menemukan jasad sejumlah korban. Jasad-jasad itu dimasukkan ke dalam 12 kantong mayat.
http://www.tempo.co/read/news/2012/0...hoi-Bermanuver
ijin dari ATC








semua sibuk beranalisa
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...