Aruba Kalahkan Negara-negara Eropa dengan Pajak Pendapatan Tertinggi di Dunia

Selasa, 08 Mei 2012 21:22 WIB
(Vibiznews - Business) - Kebijakan penerapan pajak di setiap negara memiliki perbedaan yang didasari oleh tingkat perekonomian negara itu sendiri maupun kemampuan bayar pajak yang dimiliki oleh calon pembayar pajak, dalam hal ini mayoritas ialah individu-individu yang akan dibebankan pajak. Bagi negara-negara yang maju dari segi infrastruktur dan juga pelayanan publik, biasanya cenderung menerapkan kebijakan pajak yang tinggi guna menunjang dua hal tersebut. Apalagi jika negara tersebut tidak memiliki sumberdaya alam yang melimpah, sehingga pendapatan negara didominasi dari pajak. Situs bisnis terkemuka, CNBC pada hari ini (8/5) merilis lima negara yang memiliki tingkat pajak tertinggi di dunia.

Aruba, Negara dengan Pajak Pendapatan Tertinggi

Peringkat pertama dalam jajaran negara-negara yang memiliki tingkat pajak tertinggi di dunia ditempati oleh Aruba dengan tingkat pajak pendapatan sebesar 58,95% pada tahun lalu. Pada tahun 2007 lalu bahkan tingkat pajak pendapatan hingga mencapai 70%. Negara yang terletak di Selat Karibia ini dikenal sebagai negara dengan standar hidup tertinggi di kepulauan Karibia. Tingginya standar kehidupan disebabkan oleh strategisnya posisi Aruba yang merupakan transit bagi sektor ekspor yang datang dari wilayah AS dan negara-negara di Amerika Selatan. Sehingga aktifitas perekonomian di negara ini cukup sibuk dan aktif dari segi penjualan barang dan jasa. Setimpal dengan tingginya tingkat pajak pendapatan penduduk di Aruba, fasilitas dan infrastruktur di negara tersebut terbilang cukup maju. Pemerintah menjamin ketersediaan fasilitas kesehatan, pendidikan, transportasi dan asuransi bagi para pekerja. Sehingga sebanyak 101 ribu orang populasi di negara tersebut dapat terpenuhi.

Diperingkat kedua ditempati oleh Swedia dengan tingkat pajak pendapatan sebesar 56,63%. Berdasarkan data yang dimiliki oleh CNBC, rata-rata pendapatan penduduk Swedia untuk tahun 2010 sebesar 48800 dollar. Diantara negara-negara Skandinavia yang memang menerapkan tingkat pajak yang tinggi, Swedia berada di urutan teratas. Tingginya tingkat pendapatan dan juga kuatnya daya beli masyarakat di Swedia rupanya merupakan aset yang dimanfaatkan oleh Pemerintah Swedia untuk dapat menjaga stabilitas perekonomian di negaranya. Disisi lain, pemerintah tetap memberikan perhatian bagi rakyatnya dengan menyediakan layanan-layanan yang berbasis kebutuhan publik. Bahkan tiap tahunnya, pemerintah Swedia mengeluarkan anggaran sebesar 53% dari APBN guna diperuntukan untuk pembiayaan kebutuhan dasar masyarakatnya seperti transportasi,infrastruktur pendidikan, kesehatan dan pensiun.

Masih di kawasan Skandinavia, Denmark menempati posisi ketiga dengan tingkat pajak pendapatan sebesar 55,4%. Pada tahun 2010 yang lalu, rata-rata pendapatan penduduk di Denmark sebesar 64 ribu dollar untuk tahun lalu. Sehingga pendapatan pajak yang diperoleh pemerintah Denmark pada tahun lalu mencapai 4,8 miliar dollar. Seperti halnya Swedia, pemerintah denmar juga mengalokasikan pendapatan pajak tersebut untuk pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur. Pemerintah Denmark mengratiskan sekolah dasar negeri selama masa studi 10 tahun atau dari anak umur 6 - 16 tahun. Sedangkan untuk perguruan tinggi negeri tiap tahunnya menyediakan beasiswa kepada anak-anak berprestasi.

Posisi selanjutnya ditempati oleh Belanda dengan tingkat pajak pendapatannya sebesar 52% dan rata-rata pendapatan penduduknya pada tahun 2010 mencapai 57 ribu dollar. Dengan kondisi tersebut, maka Belanda merupakan negara dengan tingkat pajak pendapatan tertinggi di dataran Eropa. Sebagai salah satu negara yang memiliki perekonomian utama di kawasan Eropa, Belanda merupakan salah satu tujuan bagi para pebisnis yang bergerak di sektor ekspor dan impor. Roterdam yang merupakan pelabuhan terbesar dan paling sibuk di Eropa menjadi daya pikat tersendiri. Sehingga standar hidup di Belanda cukup tinggi. Seperti halnya negara-negara yang menerapkan pajak yang tinggi, pemerintah Belanda mengedepankan ketersediaan dan pemenuhan sektor publik seperti pendidikan gratis dan beasiswa bagi pelajar berprestasi yang ada di Belanda maupun di luar Belanda. Bantuan kesehatan bagi para imigran dan juga subsidi bagi sektor transportasi.

Peringkat kelima ditempati oleh Austria dengan pendapatan pajak mencapai 50%. Dan rata-rata tingkat pendapatan penduduk selama 2010 mencapai 50700 dollar. Negara yang berpenduduk 8,41 juta orang ini memberikan keringanan biaya terhadap seluruh penduduknya di sektor kesehatan. Sedangkan dari segi pendidikan, pemerintah menggratiskan sekolah dasar negeri dan menggratiskan pendidikan bagi para atlet olahraga yang dinilai berbakat.


Untuk berita selengkapnya atau berita lainnya dapat anda baca di website kami : www.vibiznews.com
Mari bergabunglah menjadi membership Vibiznews.com, Karena dengan anda menjadi membership premium vibiznews.com
Anda akan dapat mengikuti seminar NTC (National Trading Championship) secara GRATIS!! dengan mendapatkan Grand Prize berupa mobil Nissan March.
Ayo" tunggu apa lagi?? segera bergabunglah dengan membership Vibiznews.com.
Untuk informasi selengkapnya dapat anda hubungi di contact yang ada di bawah ini :
Nama : Noviany
No.hp : 081280504425
Email : novi26any@yahoo.co.id

simple8889 09 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...