Ciaat! Amankan Busway, Petugas Bus TransJ Belajar Silat

Jakarta Dalam menjaga jalur bus (busway) dan bus TransJakarta, para petugas Badan Layanan Umum (BLU) TranJakarta pun dibekali bela diri mulai bulan Mei 2012 ini. Pilihannya jatuh pada pencak silat, ciaaat!

Bukan karena terkena demam film 'The Raid' yang dibintangi atlet pencak silat Iko Uwais dan Yayan Ruhian itu, melainkan karena ilmu bela diri itu merupakan tradisi Indonesia dan mudah dipelajari.

"Pencak silat itu bela diri tradisionalnya Indonesia, ilmu yang biasanya orang akan mudah mempelajarinya dibandingkan taekwondo atau aikido, pencak silat ini tradisionalnya Indonesia," tutur Humas BLU TransJakarta Sri Ulina Pinem yang juga pernah belajar bela diri aikido ini menjelaskan mengapa pencak silat yang dipilih.

Hal itu disampaikan dia saat berbincang dengan detikcom, Jumat (25/5/2012). Program pembekalan bela diri ini, imbuh Ulina, diberikan manajemen BLU TranJakarta sejak Mei 2012. Tujuannya agar bisa melindungi penumpang dan meningkatkan pelayanan.

"Pelatihan bela diri itu tujuan utamanya untuk meningkatkan petugas kita, bukan akhirnya punya ilmu beladiri akan arogan, tidak. Kalau mendapatkan satu ilmu pertahanan diri, bisa membantu orang lain untuk menjaga mereka, seperti penumpang bus TransJ," jelas Ulina.

Petugas BLU TransJakarta yang diprioritaskan untuk menjalani pelatihan ini, imbuhnya, adalah petugas yang di lapangan, seperti yang petugas penjaga dalam bus dan penjaga jalur bus TransJ. Pelatihannya dilakukan di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Ini dilatih sama pelatih PON Jakarta, bukan hanya pelatih yang biasa-biasa saja," jelas Ulina.

Tak cuma bela diri, dalam pelatihan ini mereka juga diajarkan mengendalikan emosi. Mereka mengikuti pelatihan berdasarkan jadwal ketika mereka tidak bekerja. Hasil dari pelatihan ini, nanti dievaluasi.

"Yang pasti begini, paling tidak, pertahanan diri secara dasar semua petugas itu tahu. Kita evaluasi, apakah petugas yang mendapatkan pelatihan ini bagaimana dia melayaninya, makin wise atau arogan. Kalau kita melihat ini baik, ke depannya tidak menutup kemungkinan akan dilanjutkan," jelas Ulin.

http://news.detik.com/read/2012/05/2...-silat?9911012
--------------------------------------------------------------------------
duit lagi nih,lumayan buat pokja




yang di latih baru dasar silat,yg di lawan dah jago silat yang ada jadi bulan bulanan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...