Eropa Krisis, Pejabat Eropa Bergantian datangi Jakarta. Kini Giliran PM Portugal

[imagetag]

[imagetag]


Presiden Portugal Datangi Indonesia Untuk Pertama Kali
Selasa, 22/05/2012 05:08 WIB

Jakarta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menerima Presiden Republik Portugal Anibal Antonio Cavaco Silva di Istana Merdeka hari ini. Ini adalah kali pertama Presiden Portugal datang ke Indonesia. "Oleh karena itu, momentum kunjungan bersejarah tersebut akan dimanfaatkan untuk meneguhkan komitmen dalam membangun hubungan dan kerja sama ke depan yang lebih erat dan kokoh," kata Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah dalam rilis, Senin (21/5/2012).

Menurut Faizasyah, kunjungan ini cukup bersejarah karena untuk pertama kalinya seorang kepala negara Portugal datang ke Indonesia sejak hubungan diplomatik kedua negara dibuka pada 1950. Rencananya, pertemuan digelar pukul 10.00 WIB.

Presiden Anibal Antonio Cavaco Silva datang didampingi Ibu Negara Dr Maria Cavaco Silva. Di dalam delegasi Presiden Portugal ini terdapat lima anggota parlemen dan lebih dari 20 orang pelaku ekonomi. Rencananya, kedua pemimpin akan melakukan pertemuan bilateral, dilanjutkan dengan menyaksikan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU). Presiden SBY juga akan menyelenggarakan jamuan santap malam kenegaraan untuk menghormati Presiden Portugal.

Presiden Cavaco Silva akan berada di Indonesia pada 22-24 Mei. Setelah bertemu Presiden SBY, pada Rabu (23/5) Presiden Cavaco Silva dijadwalkan menghadiri Indonesia – Portugal Business Forum, menyampaikan kuliah umum di Universitas Indonesia, dan menghadiri pameran dalam rangka peringatan 5 abad kontak antara bangsa Indonesia dan bangsa Portugis. 

http://news.detik..com/read/2012/05/...a-kali?9922032

[imagetag]

Krisis Ekonomi Hajar Portugal, Pekerja Serukan Mogok Kerja Nasional
Jumat, 25 November 2011, 08:38 WIB

REPUBLIKA, LISBON--Para pekerja di Portugal, Kamis (24/11), melancarkan pemogokan umum guna menentang perluasan langkah penghematan pemerintah di dalam anggaran ketat 2012 dengan tujuan membantu negeri itu membayar utangnya. Angkutan umum lumpuh, dan kebanyakan pesawat yang mestinya berangkat dari Lisabon serta Porto tak mengudara. Jalur kereta bawah tanah di Lisabon ditutup selama 24 jam, sementara sistem kereta api nasional juga terpengaruh.

Pekerja layanan pos, rumah sakit dan sekolah serta layanan lain masyarakat di seluruh negeri tersebut bergabung dalam protes itu. Pemerintah mulanya mengumumkan hanya sebanyak tiga persen pegawai negeri tak muncul di tempat kerja mereka. Namun menurut serikat pekerja Portugal, lebih dari 90 persen pekerja ikut dalam pemogokan itu. Setelah satu pertemuan pemerintah, Menteri Urusan Parlemen Miguel Relvas, seorang anggota kabinet Portugal, mengubah nada suaranya. Ia mengatakan, "Buat pemerintah, jumlah tidak penting. Yang penting ialah situasi sulit yang dihadapi Portugal hanya akan diatasi dengan ketenangan dan kerja keras."

Setelah Yunani dan Irlandia pada 2010, Portugal menjadi negara ketiga eurozone yang meminta dana talangan internasional ketika negara itu tak lagi bisa mengumpulkan dana segar di pasar finansial dengan bunga pinjaman yang berkelanjutan. Pemerintah sayap kanan-tengah saat ini, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Passos Coelho, telah mengajukan anggaran ketat 2012 guna membantu mengurangi utang berlimpah negeri tersebut. Anggaran tersebut antara lain mencakup pembekuan pembayaran gaji bulan ke-13 dan ke-14 buat pegawai negeri dan pensiunan yang memperoleh lebih dari 1.000 euro per bulan.
http://www.republika.co.id/berita/in...kerja-nasional

[imagetag]

Atasi Krisis, Portugal Kurangi Libur Nasional
WEDNESDAY, 09 MAY 2012 13:08

KBR68H - Pemerintah Portugal memutuskan mengurangi jumlah hari libur nasional sebagai salah satu langkah untuk mengatasi krisis ekonomi. Dari 14 hari libur nasional yang berlangsung setiap tahun di Portugal, 4 diantaranya akan dibatalkan selama 5 tahun berturut-turut. Pembatalan hari libur tersebut mulai diterapkan tahun depan.

Hari libur yang dihapus tersebut diantaranya hari raya keagamaan Katolik, yaitu Hari Orang-orang Suci 1 November dan Hari Corpus Christi, yang jatuh setiap 60 hari setelah Hari Raya Paskah. Sementara hari libur lainnya yang dihapus adalah Hari Pembentukan Republik Portugal (5 Oktober) dan Hari Kemerdekaan Portugal (1 Desember) untuk memperingati kebebasan dari penjajahan Spanyol di tahun 1910.

Menurut pemerintah Portugal, pembatalan hari libur bisa meningkatkan aktivitas serta daya saing ekonomi. Negara tersebut memang tengah dituntut untuk memulihkan kondisi perekonomian setelah menerima dana talangan dari Uni Eropa, ECB, dan IMF. Sebelumnya, guna memulihkan perekonomian, Portugal juga harus memangkas gaji pegawai negeri dan menaikkan paja. Langkah penghematan tersebut memicu terjadinya aksi unjuk rasa di Portugal pada peringatan Hari Buruh atau May Day Mei lalu.
http://www.kbr68h.com/editorial/82/2...libur-nasional

-----------------

Asal tahu aja, krisis yang melanda negeri-negeri Eropa Selatan itu, seperti Yunani, Portugal, Italy dan Spanyol, semua akibat negerinya terlilit utang gara-gara Pemerintahnya terlalu bersemangat menjual SUN (obligasi Negara) di masa lalunya. Indonesi pun, hanya soal waktu saja akan mengalami krisis ekonomi akibat kelilit utang itu, bila pemerintahan yang berkuasa saat ini dan di masa datang tidak berupaya serius menekan jumlah utang nasional NKRI, yang kini sudah hampir 1.900 triliun rupiah itu.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...