(Ga Layak Dibaca!!!) Kendala Komnas HAM Ungkap Tragedi Kemanusiaan 1965-1966?

Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengaku menemui hambatan dalam mengungkap kasus tragedi kemanusiaan 1965-1966.

Wakil Ketua Bidang Eksternal Komnas HAM, Nur Kholis mengatakan, kendala itu antara lain, belum didapatnya izin otopsi korban dari Jaksa Agung yang telah diajukan Komnas HAM. “Itu bisa dilakukan dengan penggalian kubur, untuk mencari bukti juga, selain kegiatan aspek medik bisa kita lakukan, sekaligus menemukan fakta para korban yang dimakamkan. Nah, hanya saja secara hukum formal di Indonesia itu bisa dilakukan penyelidikan agar menjadi satu bagian dari penyelidikan kalau atas dasar izin dari jaksa agung. Nah kita sudah kirimkan untuk melakukan itu ya, tetapi sampai hari ini kita belum mendapatkan izin dari jaksa agung,” bebernya.

Nur Kholis menambahkan, banyak korban dan saksi hidup peristiwa di masa peralihan Orde Lama ke Orde Baru tersebut yangi masih mengalami trauma. Kalangan sejarawan memprediksi sekitar setengah juta orang menjadi korban pelanggaran HAM pada 1965-1966. Kebanyakan mereka adalah petani dan orang desa yang mendukung reformasi agraria. Pemerintah dan militer saat itu menuduh mereka simpatisan PKI yang terlibat penculikan serta pembunuhan para jenderal. Hingga saat ini, para keluarga korban yang sudah lanjut usia terus menuntut rehabilitasi dan kompensasi kepada pemerintah.

Info lebih lengkap----http://www.kbr68h.com/berita/nasional/24309-komnas-ham-temui-hambatan-ungkap-kasus-19651966

Bgmn Cerita Yg Sebenarnya? Apa yg Sebenarnya Terjadi Pada Waktu itu?...:iloveindonesias

der fuehrer 09 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...