Gencar Beriklan, Perbankan Keluarkan Duit Rp 2 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - Director Financial Services Nielsen Indonesia, Dena Firmayuansyah, mengatakan bank-bank kian gencar mengeluarkan dana untuk beriklan. Dana yang dikeluarkan untuk membangun merek bank tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun. "Iklan sendiri naik dua kali lipat dalam kurun waktu kurang lebih 4 tahun," sebut Dena dalam konferensi pers, di Jakarta, Selasa (22/5/2012).

Ia menyebutkan, pada tahun 2009, dana yang dikeluarkan bank untuk beriklan mencapai Rp 1,2 triliun. Angka itu naik menjadi Rp 1,8 triliun pada tahun 2010. Pertumbuhan antara dua tahun tersebut mencapai 145 persen. Tahun 2011 dana untuk iklan mencapai sekitar Rp 2 triliun. "Itu di luar billboard dan below the line activity," sambung dia.

Semakin gencarnya perbankan beriklan karena bank kini harus bersaing dengan pelaku industri keuangan lainnya seperti asuransi dalam mengelola dana nasabah.

Bank pun berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. "Semakin ke sini kompetitor tidak hanya melihat bank lain. Ada obligasi, asuransi itu industri yang ikut mengelola dana nasabah," tambah Dena.

"Jadi meningkat (belanja bank untuk beriklan) dan ke depan kita lihat akan semakin meningkat," pungkas dia.

http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...t.Rp.2.Triliun

Opini Ane ni Gan : Seharusnya bentuk promosi yang lebih murah tapi efektif adalah dengan pemberdayaan team marketing perbank-kan, mau turun berbagai lapisan masyarakat, promosi program di lapangan, mengenalkan bentuk2 program perbank-kan langsung ke masyarakat, ato secara berkala dan berkelanjutan membuat program komunikasi langsung di tengah-tengah masyarakat, interaksi sosial yang educatif....kurangi gaya glamour iklan di media karena terkesan perbank-kan tidak merakyat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...