Hakim tolak kekebalan diplomatik Dominic Strauss-Kahn

Hakim di New York hari Selasa (1/5) menolak permintaan kekebalan diplomatik yang diajukan mantan Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Dominique Strauss-Kahn.
Hakim mengatakan Strauss-Kahn tidak meminta kekebalan diplomatik ketika menghadapi dakwaan pidana dan kekebalan ini tidak bisa diajukan ketika menghadapi dakwaan perdata.

Dengan penolakan ini, Strauss-Kahn akan disidang dalam kasus perdata yang diajukan pelayan hotel, Nafissatou Diallo, yang menuduh Strauss-Kahn melakukan penyerangan seksual.
Diallo mengklaim dirinya menjadi korban upaya pemerkosaan yang dilakukan Strauss-Kahn di sebuah hotel di Manhattan, Mei 2011.
Laporan Diallo membuat Strauss-Kahn ditangkap polisi di New York dan kasus ini memaksanya mengundurkan diri sebagai orang nomor satu di IMF.
Kasus di Prancis
Sejumlah kalangan juga mengatakan kasus dugaan serangan seksual membuat impian Strauss-Kahn mencalonkan diri di pemilihan presiden Prancis menjadi sirna.
Dakwaan pidana terhadap Strauss-Kahn tidak diteruskan karena jaksa ragu-ragu atas konsistensi bukti yang diajukan korban.
Sejak awal Strauss-Kahn membantah menyerang Diallo.
Tim pengacara Diallo mengatakan klien mereka tidak berbohong dan menyambut baik keputusan hakim yang tidak memberikan kekebalan diplomatik bagi Strauss-Kahn.
Tidak lama setelah Strauss-Kahn menghadapi kasus hukum di Amerika Serikat, seorang penulis di Prancis mengatakan Strauss-Kahn mencoba memperkosanya ketika tengah melakukan wawancara pada 2003.
Namun jaksa tidak meneruskan kasus ini karena dinilai sudah kadaluwarsa.

[imagetag]
Strauss-Kahn dituduh mencoba memperkosa pelayan hotel di New York.

satria1. 02 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...