Hari Ini, 14 Tahun Silam, Soeharto Mundur

Liputan6.com, Jakarta: Pada 21 Mei 1998, Indonesia mengalami sebuah momen bersejarah: Soeharto mengundurkan diri sebagai presiden.

Sebelumnya, Indonesia dilanda krisis ekonomi sejak pertengahan 1997. Kekecewaaan dan kemarahan rakyat memuncak. Setelah demonstrasi, kerusuhan, tekanan politik dan militer, serta berpuncak pada pendudukan gedung DPR/MPR RI berlangsung, Soeharto menyerah.
Di Credentials Room, Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Soeharto membacakan pidato pengunduran diri. Ini petikannya:
"Sejak beberapa waktu terakhir, saya mengikuti dengan cermat perkembangan situasi nasional kita, terutama aspirasi rakyat untuk mengadakan reformasi di segala bidang kehidupan berbangsa dan bernegara. Atas dasar pemahaman saya yang mendalam terhadap aspirasi tersebut dan terdorong oleh keyakinan bahwa reformasi perlu dilaksanakan secara tertib, damai, dan konstitusional. Demi terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa serta kelangsungan pembangunan nasional, saya telah menyatakan rencana pembentukan Komite Reformasi dan mengubah susunan Kabinet Pembangunan VII.

"Namun demikian, kenyataan hingga hari ini menunjukkan Komite Reformasi tersebut tidak dapat terwujud karena tidak adanya tanggapan yang memadai terhadap rencana pembentukan komite tersebut. Dalam keinginan untuk melaksanakan reformasi dengan cara sebaik-baiknya tadi, saya menilai bahwa dengan tidak dapat diwujudkannya Komite Reformasi, maka perubahan susunan Kabinet Pembangunan VII menjadi tidak diperlukan lagi."

"Dengan memperhatikan keadaan di atas, saya berpendapat sangat sulit bagi saya untuk dapat menjalankan tugas pemerintahan negara dan pembangunan dengan baik. Oleh karena itu, dengan memperhatikan ketentuan Pasal 8 UUD 1945 dan secara sungguh-sungguh memperhatikan pandangan pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi yang ada di dalamnya, saya memutuskan untuk menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Presiden RI terhitung sejak saya bacakan pernyataan ini pada hari Kamis, 21 Mei 1998."

Sesuai hukum tata negara, kekuasaan jatuh kepada Wakil Presiden Prof. Dr. Ing. BJ Habibie. (YUS)

http://berita.liputan6.com/read/4034...oeharto-mundur

setelah 14 tahun reformasi hanya kebobrokan pemerintah yang makin jelas terlihat, nyawa para mahasiswa yang menjadi reformasipun seperti sia-sia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...