Iran Berharap Hollande Lebih Bersahabat Ketimbang Sarkozy

TEHERAN - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast mengatakan, negaranya berharap Prancis di tampuk pimpinan Francois Hollande akan meninjau ulang kebijakannya dan memperbaiki hubungan dengan Iran .

"Nicolas Sarkozy yang kalah dalam pilpres Prancis melakukan kesalahan dalam menentukan kebijakannya. Iran berharap pemerintahan Francois Hollande akan memberlakukan kebijakan luar negeri yang positif," ujar Mehmanparast, seperti dikutip Trend, Senin (7/5/2012).

Hollande menjadi presiden sosialis pertama di Prancis sejak 20 tahun yang lalu. Pria yang sempat dilempar tepung saat berkampanye itu memenangkan pertarungan politik dengan Sarkozy atas perolehan suara 52 persen.

Iran pun berharap agar Hollande dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh Prancis di masa lalu. Iran juga berniat membangun hubungan yang baik dengan Negeri Mode itu setelah pemerintahan Sarkozy digantikan.

Bendera Otoritas Palestina, Suriah dan Al Jazair tampak berkibar di Kota Paris, Prancis. Warga Prancis pun menyambut presiden sosialis yang baru saja menang. Usai dilantik, Hollande berniat untuk mengunjungi Israel dan Ramallah dalam rangka mendukung solusi dua negara. Hollande juga melontarkan komentarnya terhadap nuklir Iran.

"Kita harus bersikap tegas dan menghormati Iran. Negara pemilik nuklir yang menjadi ancaman Israel dan komunitas internasional," ujar Hollande.(AUL)

http://international.okezone.com/rea...imbang-sarkozy

siapa sih yang mencari permusuhan semua pastinya mencari kawan :) mari didukung hal hal yang baik :D

tupacamaru 07 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...