Jerman Dukung Program Energi Nuklir Iran

Jerman Dukung Program Energi Nuklir Iran
Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 09/04/2012 16:41 WIB


Mahmoud Ahmadinejad (AFP)
Berlin, Di tengah penolakan Amerika Serikat (AS) dkk atas program nuklir Iran, pemerintah Jerman menyampaikan dukungan atas hak Iran untuk mengembangkan program energi nuklirnya.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Jerman Guido Westerwelle menekankan, Iran berhak mengembangkan program energi nuklirnya sebagai anggota Badan Tenaga Atom Internasional atau International Atomic Energy Agency (IAEA) dan sebagai negara yang ikut menandatangani Traktat Nuklir Nonproliferasi (NPT).

Menurut surat kabar Jerman, Bild am Sonntag seperti dilansir media Iran, IRNA dan Press TV, Senin (9/4/2012), Westerwelle menekankan soal "hak Iran untuk memiliki energi nuklir untuk kepentingan sipil".

Pejabat tinggi Jerman itu juga menekankan upaya-upaya yang terus dilakukan pemerintah Jerman untuk mencapai solusi diplomatik atas konflik nuklir Iran dengan negara-negara Barat. Westerwelle juga menyerukan untuk menciptakan wilayah Timur Tengah yang bebas senjata nuklir.

Pemerintah AS, Israel dan sejumlah sekutu mereka telah berulang kali menuding Iran diam-diam mencoba mengembangkan senjata atom lewat program nuklirnya. Washington dan Tel Aviv bahkan telah mengancam Iran dengan opsi serangan militer atas fasilitas-fasilitas nuklir Iran.

Pemerintah Iran berulang kali membantah tudingan tersebut. Ditegaskan bahwa sebagai negara anggota IAEA dan yang ikut menandatangani NPT, Iran berhak mengembangkan dan memiliki teknonologi nuklir untuk tujuan damai, yakni sebagai pembangkit energi.

================================================== ==========
Nah lho... Jerman aja mulai ngedukung Iran,
ayo siapa selanjutnya..

sulizz 09 May, 2012

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...