JK: Bisnis Terkait Jiwa Manusia, Pembelian Sukhoi Patut Dipertimbangkan

[imagetag]

JAKARTA - Mantan Wapres Jusuf Kalla menyatakan bisnis penerbangan sangat berkaitan dengan jiwa manusia. Sebab itu, sebelum membeli dan menggunakan pesawat, termasuk Sukhoi SuperJet 100, semua hal harus dipertimbangkan.

"Ini kan be or not to be, tentu harus dipertimbangkan. Ini menyangkut jiwa manusia dan bisnis. Jadi apa saja pasti dipertimbangkan," kata JK, panggilan akrab Jusuf Kalla, di Lanud Halim Perdanakusumah, Minggu (13/5/2012).

JK menyebut kecelakaan Sukhoi merupakan masalah teknis teknologi. Beberapa pesawat seperti Boeing dan Airbus, juga mengalami. Pun halnya dengan pesawat CN buatan Indonesia.

"Kecelakaan itu bisa manusia dan teknis. Jadi harus diteliti dulu," jelas pendiri Kalla Group ini.

Saat ditanya soal bantuan Rusia dalam hal evakuasi, JK mengatakan hal itu tidak bisa dilarang. Sebab Rusia ingin mengetahui penyebab Sukhoi celaka. Namun bantuan mereka tidak boleh bertentangan dengan kepentingan Indonesia.

"Boleh membantu tapi tetap di bawah komando Basarnas. Karena ada di sini (mereka) di bawah daulat kita, tidak boleh jalan sendiri," paparnya.

JK datang ke Bandara Halim untuk memberi dukungan ke relawan PMI dan tim lainnya. Ia bertemu dengan tim SAR dan meninjau posko. Direncanakan, mantan Ketua PMI itu berkunjung ke lokasi evakuasi di Bogor.
BACA SELENGKAPNYA
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...