Kampanye Skotlandia merdeka dari Inggris

Kampanye resmi mendorong rakyat mendukung kemerdekaan Skotlandia dalam referendum diluncurkan di Edinburgh.

Partai Nasional Skotlandia, SNP, bersama sejumlah partai-partai kecil yang meluncurkan kampanye "Yes Scotland" ini juga akan berupaya mencabut Akta Penyatuan, yang menyatukan Inggris dan Skotlandia selama lebih dari tiga ratus tahun.

Sementara itu, kampanye agar Skotlandia tetap berada di bawah Kerajaan Inggris Raya juga akan berjalan bulan depan.

Tanggal referendum belum diputuskan namun diperkirakan pada tahun 2014.

Para menteri telah mengadakan pertemuan dengan pemerintah Inggris terkait rencana referendum itu.

Yes Scotland dianggap sebagai komunitas kampanye terbesar dalam sejarah Skotlandia, dan dirancang guna mencari dukungan besar untuk kemerdekaan Skotlandia.

Menjelang peluncuran kampanye ini, Wakil Menteri Pertama Skotlandia dan wakil pemimpin SNP, Nicola Sturgen mengatakan penting bagi rakyat Skotlandia untuk memutuskan masa depan mereka.
Seruan Partai Hijau

Ia mengatakan, "Ini bukan pemisahan, bukan separatisme. Kami akan tetap berbagi dalam banyak hal sepanjang hal itu masuk akal."

"Namun kemerdekaan akan memberikan kewenangan soal ekonomi dan kehidupan politik ke tangan rakyat Skotlandia."

Para penyelenggara kampanye mengatakan upaya ini akan menampilkan semua aspek tentang Skotlandia.

Namun, kelompok Dewan Sukarelawan Skotlandia (SCVO) menyerukan agar politisi menunda kampanye referendum dengan mengatakan langkah ini terlalu awal.

Partai Hijau Skotlandia yang mendukung kemerdekaan, menyerukan kubu kampanye Yes Scotland lebih banyak melibatkan berbagai pihak.

Pemimpin Partai Hijau Patrick Harvie -yang tidak sepakat atas kebijakan SNP terkait kemerdekaan- mengatakan partainya tidak akan menjadi "pendukung" pihak Nasionalis ini.

Ia mengatakan, "Sebagian anggota Partai Hijau mendukung kemerdekaan namun banyak pula anggota yang memiliki keberatan atas strategi SNP."

http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia...scotland.shtml

Saatnya negara Skotlandia, Wales, Irlandia Merdeka...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...